Kompas TV regional berita daerah

Curah Hujan Masih Tinggi, Waspada Potensi Bencana Banjir di Kalimantan Selatan

Kompas.tv - 11 Februari 2022, 07:21 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Dinas sosial Kalimantan Selatan mencatat pada Januari hingga Februari 2022 kenaikan debit sungai dan banjir telah terjadi di sejumlah daerah  seperti di kabupaten Hulu sungai selatan, Hulu sungai tengah, dan kabupaten Banjar.

Baca Juga: Tersengat Listrik, Deti, Seekor Lutung Diselamatkan Animal Rescue Banjarmasin

Mengantisipasi ancaman bencana hidrologi seperti banjir dan longsor di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan seiring curah hujan yang masih tinggi tersebut.

Dinas sosial Kalimantan Selatan meminta Dinas sosial kabupaten kota bersiaga dan siap mengerahkan taruna siaga bencananya  termasuk pendirian posko siaga bencana.

“Saat ini terjadi juga bencana banjir terulang kembali di beberapa daerah, kemudian minimal adalah dampak dari bencana hidrometeorologi di provinsi Kalimantan selatan. Jadi yang kabupaten yang sudah terjadi bencana ini adalah di Hulu sungai selatan, Hulu sungai tengah, dan bahkan hari ini kita waspada adalah kabupaten Banjar,"  Ucap analis kebijakan bencana Dinsos Prov. Kalsel, Rahmadi.

Baca Juga: Danrem 101/Antasari yang Baru, Kolonel Inf Rudy Puruwito Soroti Banjir dan Karhutla di Kalsel

Untuk mempercepat dan memudahkan distribusi bantuan logistik, 14 lumbung sosial telah dibangun di kecamatan rawan bencana yakni di kabupaten Tapin, Banjar, Kota baru dan Hulu sungai tengah, Dinsos Kalsel mengingatkan pengelola agar memastikan logistik di lumbung sosial tersedia dan segera melapor jika terjadi kekosongan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x