Kompas TV regional berita daerah

Kasus Covid di Kota Malang Tinggi, Jumlah Warga Yang Tes Usap Mandiri Meningkat

Kompas.tv - 10 Februari 2022, 20:24 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV- Sejak dibuka pukul 08.00 WIB, antrean kendaraan roda 4 sudah terlihat di gerai swab drive thru milik RS Persada yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Malang, Kamis (10/02/2022).

Dokter Arlia Berlianti, Manajer Penunjang Medis dan Non Medis Persada Hospital menjelaskan, bahwa dalam 2 pekan terakhir memang terjadi peningkatan yang cukup siginifikan di gerai SWAB drive thru ini.

Peningkatan masyarakat yang melakukan tes usap mandiri terjadi saat kasus covid melonjak, terlebih dengan varian omicron. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat cukup tinggi dalam antisipasi Covid-19.

"Dibanding November-Desember yang kebanyakan buat penerbangan, dengan adanya omicron mereka mulai aware dengan pelayanan swabnya" terang Arlia pada Kompas TV.

Selain itu, jika sebelumnya mayoritas warga yang melakukan SWAB untuk keperluan perjalanan, namun saat ini mayoritas warga melakukan SWAB karena ingin mendiagnosa kesehatan mereka sendiri.

"Diagnosa aja untuk ngecek, saya kan lagi batuk khawatir anak-anak kan satu rumah. Jadi inisiatif mandiri aja dalam kondisi sekarang" kata salah satu warga, Angga yang melakukan tes bersama keluarganya.

Untuk mengantisipasi lonjakan warga yang akan melakukan tes usap, jumlah tenaga medis juga ditambah. Selain itu, gerai SWAB drive thru ini melakukan sistem buka tutup, jika antrean cukup panjang.

#tescovid #drivethru



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x