Kompas TV regional berita daerah

Kawasan Dieng Dilanda Banjir dan Longsor

Kompas.tv - 10 Februari 2022, 15:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

WONOSOBO, KOMPAS.TV - Hujan deras yang mengguyur wilayah Wonosobo menyebabkan banjir dan longsor di Dataran Tinggi Dieng. 

Dari video amatir yang diabadikan oleh warga saat terjadi banjir dan tanah longsor di Dataran Tinggi Dieng pada Rabu (9/2/2022) kemarin. Terlihat banyaknya debit air hujan hingga meluap ke jalan raya seperti air sungai.

selain itu, tebing juga mengalami longsor dan menimbun jalan yang menuju salah satu objek wisata yang ada di Dieng.

Akibat derasnya arus, menyebabkan dua unit sepeda motor sempat terseret material tebing longsor tersebut. Petugas berusaha membantu mengevakuasi pengendara sepeda motor yang sempat terbawa material longsor.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo, Bambang Trie, banjir dan tanah longsor yang terjadi di Dieng tersebut dipicu oleh hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut dalam durasi yang cukup lama. Kejadian banjir dan longsor terjadi di tiga titik, yakni Desa Sikunang, Desa Kalilembu dan Desa Parikesit Kecamatan Kejajar.

"Curah hujan cukup tinggi dan agak lama, mengakibatkan beberapa titik di wilayah Kejajar mengalami longsor, di samping itu juga sebagian ada juga banjir Bandang," ujar Bambang.

Petugas gabungan dengan sigap langsung melakukan pembersihan material longsor dan banjir. Banjir yang terjadi sekitar satu jam tersebut cepat surut. Sementara untuk material di jalan juga sudah dibersihkan dan sudah bisa dilalui kendaraan.

#banjir #longsor #dieng

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x