Kompas TV regional berita daerah

Sosialisasi Bahaya Naik Kereta Kelinci Di Jalan Raya

Kompas.tv - 9 Februari 2022, 16:44 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Paska terjadinya insiden kecelakaan  kereta kelinci, beberapa waktu lalu. Satuan Lalu Lintas Polres Madiun, kini gencar lakukan sosialisasi bahaya naik kereta kelinci. Sosialisasi guna mencegah insiden yang merenggut korban jiwa itu terulang kembali.

Sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas ini dilakukan di tempat tempat wisata yang ada di Kabupaten Madiun. Sasaran tempat wisata karena, selama ini masyarakat yang berwisata, tidak sedikit yang memanfaatkan jasa tranportasi kereta kelinci atau odong odong.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Madiun mengatakan, sosialisasi dilakukan dengan cara membagikan pamflet dan memasang banner peringatan di lokasi wisata dan tempat parkir wisata. Menurutnya, transportasi modifikasi seperti kereta kelinci atau odong odong, memang membahayakan bagi penumpang, karena tidak sesuai spesifikasi dan kelayakan kendaraan.

Sesuai dengan undang - undang lalulintas dan angkutan jalan yang mengatur tentang standar fisik dan administrasi kendaraan, kereta kelinci atau odong odong dilarang beroperasi di jalan raya. Karena dapat membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

Sebelumnya, pada hari Minggu (6/2/2022) lalu, sebuah kereta kelinci atau odong odong bermuatan 40 penumpang,  hilang kendali, terjun terperosok ke sebuah saluran air di wilayah Desa Joho, Kecamatan Dagangan. Akibat insiden tersebut, 2 orang penumpang meninggal dunia karena kerasnya benturan saat terjadi kecelakaan.

#beritamadiun

#keretakelinci

#bahayakeretakelinci

#odongodong




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x