Kompas TV regional berita daerah

Pedagang Pasar Johar Datangi DPRD Dan Wali Kota Semarang

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 18:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Puluhan perwakilan pedagang Pasar Johar Relokasi MAJT Semarang, Kamis (3/2/22) siang mendatangi Kantor DPRD Kota Semarang untuk meminta pembenahan relokasi pada seluruh pedagang yang menempati pasar relokasi serta pedagang yang terdampak kebakaran. Beberapa pedagang mengeluh belum mendapatkan tempat, diungkapkan dalam pertemuan dengan Komisi B DPRD Kota Semarang.

Atas keluhan perwakilan pedagang itu, Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang akan memanggil Dinas Perdagangan untuk segera melakukan sinkronisasi data pedagang yang berhak menempati Pasar Johar Baru, Kanjengan serta Gedung Johar Shopping Center.

"Besok saya akan panggil Dinas Perdagangan kondisinya bagaimana kita sinkronkan, setelah itu keduanya kita temukan untuk mengambil solusi dan penataan yang baik bagaimana. (Target sebelum lebaran ini haru sudah (jualan lagi?) ) harus sudah, kalo saya lho mas, target saya puasa ini sudah jualan" ujar Joko Susilo, Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang. 

Selain masalah relokasi, mereka juga mempertanyakan terkait adanya kemudahan permodalan pada Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang. Pasalnya, rata-rata pedagang yang terdampak kebakaran mendapat undian lapak tidak sesuai dengan luas lapak yang sebelumnya dimiliki oleh pedagang Pasar Johar.

"Dari Komisi B tadi kan dia juga akan memanggil dari Dinas Perhubungan juga, Minggu depan akan dipertemukan dengan kita, nanti kita akan sampaikan juga masalah jual beli dan juga pedagang Johar yang bukan dari Johar yang bisa masuk" ujar Didik Agus Riyanto, perwakilan pedagang. 

Dengan adanya kebakaran yang menimpa ratusan pedagang Pasar Johar relokasi MAJT Semarang, Wali Kota Semarang akan mempercepat pembenahan relokasi serta memberikan kemudahan dalam permodalan bagi pedagang yang terdampak kebakaran.

"Ada beberapa alternatif, akan kita bangun relokasi tersebut dengan BTT (Biaya Tidak Terduga) APBD. Kemudian tadi didalam rapat juga ada Bank Jateng, pimpinan cabang Semarang yang kita hadirkan, kita juga sempat meminta Bank Jateng untuk membuat skema kredit yang tidak begitu memberatkan" tutur Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang.

Seperti diberitakan sebelumnya, relokasi Pasar Johar yang berlokasi di Arteri Soekarno Hatta, Semarang, Rabu (2/2/22) sekitar pukul 18.40 WIB terbakar. Setidaknya ratusan kios yang ada di blok E dan blok F ludes terbakar. Sekitar 20 mobil damkar Kota Semarang dan penyangga Kota Semarang serta dibantu dengan mobil Water Canon dari Polda Jateng dan Polrestabes Semarang, dikerahkan untuk memadamkan api. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 23.00 WIB.

#pasarjoharrelokasi#pedagang #kotasemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x