Kompas TV regional berita daerah

Petani Demo PTPN XII Karena Tanamannya Dibabat Petugas

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 11:37 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Ratusan petani di Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur mendatangi kantor PTPN XII. Mereka memprotes tindakan petugas perkebunan yang membabat tanaman jagung, pepaya dan pisang milik mereka.

Dengan mengendarai sepeda motor, ratusan petani yang tergabung dalam aliansi petani mumbulsari bersatu mendatangi kantor kebun mumbul PTPN XII, pada Rabu (2/2/2022).

Mereka mempertanyakan tindakan petugas yang membabat tanaman jagung, pepaya dan pisang di lahan kebun mumbul milik PTPN XII, pada 27 Januari lalu.

Baca Juga: Bupati Sumenep Didemo Warga Karena Banyak Galian C

Petani menganggap tindakan tersebut merugikan petani, yang menggantungkan mata pencaharian dari bercocok tanam. Petani berharap pihak kebun mumbul PTPN XII memberikan akses hak kelola atas lahan kepada petani.

Sementara manajer kebun mumbul PTPN XII, Imam Dwi Hartono menyebutkan bahwa pembabatan tanaman sudah sesuai aturan. Berdasarkan hak guna usaha, lahan tersebut dikelola oleh pihak manajemen kebun mumbul.

Pihak kebun tetap memberikan ruang kelola kepada masyarakat yang bermitra dan bekerjasama sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

#PTPNXII #Petani #Demo #Jember




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x