Kompas TV regional berita daerah

Kabur dari Kandang, Monyet Serang Ternak Warga

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 14:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SLEMAN, KOMPAS.TV - Seekor monyet peliharaan di Kabupaten Sleman Yogyakarta, kabur dari kandangnya dan menyerang ternak warga. Setelah melakukan pengejaran selama beberapa hari, tim rescue dari Yayasan Centre for Orangutan Protection (COP) berhasil mengamankan monyet tersebut. 

Sejumlah tim rescue mencoba berbagai cara untuk bisa menangkap monyet peliharaan milik warga yang kabur dari kandang. Monyet dengan jenis ekor panjang ini, kabur dari kandangnya sejak beberapa hari lalu, dan kerap mengganggu ternak milik warga di Dusun Kandangsari, Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Untuk menangkap monyet ekor panjang ini ada berbagai cara yang dilakukan, mulai dari usaha menangkap tangan kosong, bantuan jaring hingga tembakan bius. Namun usaha tersebut selalu gagal. Menurut pemiliknya, monyet ekor panjang yang kabur awalnya jinak, namun kemudian mendadak liar dan menyerang ternak warga.

Sejumlah ayam dan kambing menjadi sasaran amukan monyet. Beberapa diantaranya bahkan mati. Tak hanya itu, monyet ini juga kerap mencuri barang seperti telur dan buah-buahan.

"Monyet ini dipelihara oleh warga sekitar sini, Kandangsari. Karena perilakunya agak kurang baik kemudian rencara akan dilepas tapi oleh pemilik yang sekarang ini, dipelihara lagi. Namun akhirnya lepas dan meresahkan warga dengan mencuri telur. Kemarin kasus terakhir itu mematikan ayam dengan cara dipegang kemudian lehernya dipatahkan. Akhirnya di sini meresahkan warga," ujar Marjiyono, ketua RT.

Setelah mengejar monyet ekor panjang ini selama empat hari, tim rescue berhasil mengamankannya. Demi keamanan, tim rescue dari COP mengimbau warga untuk tidak lagi memelihara monyet atau hewan liar yang seharusnya hidup di alam bebas.

"Kami dari COP setelah empat hari berusaha melakukan pengejaran, dan juga melakukan berbagai cara untuk menjebak. Akhirnya pada hari keempat ini kita berhasil untuk menjebak monyet tersebut hingga bisa kita amankan. Dan memang di sini kita melihat pentingnya, bahwa satwa liar itu memang sebaiknya tidak dipelihara. Karena setiap satwa liar punya insting yang nantinya memang seharunya mereka hidup di alam liar. Jadi mudah - mudahan dengan kejadian ini, semakin sedikit orang - orang yang memelihara satwa liar," kata Liani Dianita Suwito, Tim Rescue COP.

Seusai ditangkap dengan cara dijebak menggunakan kandang, monyet ekor panjang ini kemudian dibawa ke salah satu rehabilitasi hewan dan akan dilepasliarkan setelah menjalani masa karantina.

#monyetekorpanjang #sleman #yogyakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x