Kompas TV regional berita daerah

Pelaku Pembuatan KTP Palsu Resmi Ditahan Polisi

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 14:38 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Usai ramai diberitakan, pelaku pembuatan dokumen palsu yang dilepas polisi usai penggerebekan di kawasan Jalan Raden Pemuka, Gunung Sulah, Way Halim, Bandar Lampung. Kini, pihak satuan dari Polresta Bandar Lampung telah resmi menahan pelaku atas nama Eko Hadi Saputra.

Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Devi Sujana pun menanggapi beredarnya informasi terkait pelepasan pelaku tersebut. Ia menyebut, pelaku sempat dilepaskan lantaran masih dalam tahap penyelidikan.

Baca Juga: Polisi Gerebek Ruko yang Diduga Cetak El-KTP Palsu

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pelaku meraup keuntungan sebesar 10 ribu rupiah dari satu pembuatan data diri yang sudah dilakoninya sejak 5 tahun terakhir.

“Kenapa kita lepaskan? Karena masih dalam tahap penyelidikan, tapi kemarin kita sudah lakukan penyelidikan dan sekarang sudah ditahan,” jelasnya.

Selain menahan pelaku, polisi juga turut mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya satu set alat komputer, alat pencetakan dokumen, serta ratusan dokumen palsu, seperti KTP, NPWP, kartu mahasiwa, kartu keluarga, surat izin usaha, serta akta cerai dan dokumen lainnya.

Atas pemalsuan dokumen yang dilakukan, pelaku terancam maksimal 10 tahun kurungan penjara dengan dijerat Pasal 96 A dan Pasal 94 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dan Pasal 266 KUHP.

Baca Juga: Detik-Detik Polisi Ringkus Dua Pelaku Pencurian Buah Sawit

Sementara, polisi masih melakukan pengembangan terkait adanya pelaku lain yang terlibat dalam pemasok bahan material dari dokumen palsu tersebut.

#pemalusanktp #penggerebekan #kriminal



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.