Kompas TV regional berita daerah

Gunung Merapi Meluncurkan Guguran Lava hingga 30 Kali

Kompas.tv - 26 Desember 2021, 19:35 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Terjadi 30 kali guguran lava, aktivitas Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta dilaporkan.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Mengatakan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maskimal tiga kilometer ke arah Sungai Woro dan sejauh 5 kilometer ke arah Sungai Gendol, Kuning dan Boyong.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 KM dari puncak. Masyaarakat diminta untuk tak berada di daerah berbahaya.  

Data terakhir dari aktivitas merapi yang dirilis BPPTKG menunjukan. Aktivitas merapi menunjukan adanya asap tipis pada ketinggian 300 meter di atas puncak. 

Baca Juga: Kembali Erupsi, Gunung Merapi Luncurkan Guguran Awan Panas Sejauh 2,2 Kilometer

Lalu terdapat juga potensi guguran lava pada sektor tenggara-barat daya tiga kilometer dari puncak.

Sementara dari sisi kegempaan ada 144 guguran. Sedangkan tingkat aktivitas Merapi saat ini berada di level tiga atau siaga.

Seiring dengan adanya luncuran guguran lava di Gunung Merapi. Kepala BPPTKG, Hanik Humaida mengatakan warga tak perlu panik dengan kondisi Merapi saat ini.

Hanik mengatakan apa yang terjadi saat ini di Gunung Merapi adalah fase erupsi efusif atau erupsi dengan tekanan yang kecil tanpa disertai ledakan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x