Kompas TV regional berita daerah

Degan Kelapa Jelly, Carqa Baru Nikmati Kesegaran Kelapa Muda

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 14:12 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Siapa tak kenal kelapa muda? Buah dengan segudang manfaat baik bagi tubuh ini kerap menjadi pilihan utama masyarakat sebagai pelepas dahaga.

Namun di tangan Fenty Ariany, warga Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung  mampu berinovasi cara baru menikmati kesegaran buah kelapa muda.

Baca Juga: Remaja di Lampung Olah Ampas Kelapa Jadi Brownies Lezat!

Dirinya membuat olahan air kelapa menjadi jelly dengan nama Degkla. Cara mengolahnya pun cukup mudah, semula buah kelapa muda pilihan dikupas dan airnya direbus dengan campuran gula dan bahan agar-agar.

Air kelapa yang telah mendidih langsung ditiriskan dan dituang kembali kedalam buah kelapa, agar tidak tumpah buah kelapa-pun di bungkus plastik wraping dan dimasukan kedalam mesin pendingin, hingga siap untuk dinikmati.

Fenty yang juga sebagai tenaga pendidik di salah satu universitas yang berada di Lampung mengatakan bahwa ide degan jellynya ini dibuat bersama rekanya semasa pandemi covid 19. Tak disangka, ternyata inovasinya ini mendatangkan pundi-pundi rupiah, bahkan mampu mempekerjakan warga sekitar.

Baca Juga: Raup Keuntungan Dari Menjual Es Degan Jelly

Dekla atau degan jelly ini dijual dengan harga bervariasi mulai dari 10 ribu hingga 15 ribu rupiah perbuah. Dalam sehari Fenty mampu memproduksi sebanyak 100 hingga 150 buah, dengan total omzet mencapat 50 juta rupiah perbulan.

Tekstur jelly pada air degan ini tentu semakin menambah cita rasa pada kesegaran buah kelapa muda.

#kelapamuda #deganjelly #kuliner



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x