Kompas TV regional berita daerah

Upaya Pemerintah Memulihkan Ekonomi Masyarakat, Bangun Pasar Modern dan Bantu Promosikan Produk UMKM

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 17:35 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JAWA TIMUR, KOMPAS.TV - Pemerintah pusat dan daerah terus mengupayakan pemulihan ekonomi pasca lonjakan kasus Covid-19. Strategi yang dilakukan mendirikan pasar dengan konsep gedung hijau, memfasilitasi foto produk gratis bagi UMKM dan menggalakkan pameran busana secara luring.

Untuk strategi pasar berkonsep gedung hijau dilakukan oleh pemerintah pusat. Pasar itu didirikan di Kabupaten Ngawi Jawa Timur dengan menelan biaya 80 miliar rupiah dari APBN. Pasar itu mampu menampung 2 ribu lebih pedagang.

Pasar berlantai 2 itu langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada Jumat (17/12/2021). Presiden RI, Joko Widodo berharap pasar itu diharapkan menjadi pemicu pemulihan ekonomi masyarakat setelah terdampak pandemi selama hampir 2 tahun.

Baca Juga: Varian Omicron Terdeteksi, Bagaimana Nasib Pemulihan Ekonomi Indonesia?

Sedangkan penyediaan foto produk UMKM gratis dilakukan oleh pemerintah Kota Kediri Jawa Timur selama bulan Desember 2021. Pemerintah setempat menerjunkan sejumlah fotografer berpengalaman untuk menyusuri jalan-jalan kecil di Kota Kediri dan juga berkeliling dari satu rumah ke rumah warga lainnya untuk memotret produk UMKM.

Plt. Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Kediri, Tintawati mengatakan bahwa foto produk UMKM, yang dihasilkan selanjutnya diserahkan ke Dinas Perdagangan untuk dipromosikan agar laku di pasaran. Sejauh ini sudah ada 200 UMKM dibantu promosi produknya.

Baca Juga: Luhut: Pengendalian Pandemi Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi di Tahun 2022

Upaya pemulihan ekonomi juga dilakukan sejumlah perancang busana, yang berada di bawah binaan Pemerintah Kota Surabaya. Para perancang busana itu menggelar fashion show dengan tajuk Surabaya Fashion Parade 2021 di pusat perbelanjaan ternama di Kota Surabaya.

Kegiatan itu digelar secara luring selama 4 hari dengan melibatkan 200 perancang busana se-Surabaya. Pihak panitia membatasi jumlah desainer dan model busana setiap harinya untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan virus corona.

Pemerintah selanjutnya menghimbau kepada masyarakat untuk disiplin pada protokol kesehatan Covid-19 agar ekonomi terus tumbuh.

 

#PemulihanEkonomi #PasarGedungHijau #FotoProdukUMKM #PeragaanBusana



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB
Close Ads x