Kompas TV regional berita daerah

26 Unit Rumah Warga dan 3 Tempat Ibadah di MBD Rusak Diguncang Gempa 5,6 Magnitudo

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 21:15 WIB
26-unit-rumah-warga-dan-3-tempat-ibadah-di-mbd-rusak-diguncang-gempa-5-6-magnitudo
Rumah Warga Yang Rusak Akibat Gempa di Dusun Bebar Barat,Maluku Barat Daya (Sumber: Dok Warga )
Penulis : KompasTV Ambon

AMBON,KOMPAS.TV -Puluhan rumah warga dan serta sejumlah tempat ibadah di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) rusak akibat diguncang gempabumi berkekuatan 5,6 Magnitudo Minggu (12/12/2021).

Hasil analisis BMKG setelah dilakukan pemutakhiran gempa terjadi pada koordinat 7.01 LS, 128.75 BT berlokasi di Laut dengan jarak 278 Km arah Timur Kota Tiakur, MBD dengan kedalaman 23 Km.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Maluku, Henri Far Far yang dikonfirmasi mengungkapkan, sesuai data yang diterima Pusdalpos BPBD Provinsi, tercatat sebanyak 26 unit rumah warga di Kecamatan Demar, MBD rusak disamping 3 unit gereja dan  fasilitas umum.

Dirincikannya, rumah warga yang rusak berat tercatat sebanyak 13 unit di Dusun Bebar Barat, dan 13 unit rusak ringan yang tersebar di Dusun Bebar Barat 6 unit, Desa Ilih 3 unit dan Dusun Bebar Timur 4 unit.

Sedangkan masing-masing 1 unit bangunan gereja di Dusun Bebar Barat dan Dusun Bebar Timur rusak sedang dan di 1 unit di Dusun Ilih rusak ringan.

"Sesuai data itu 26 unit rumah warga rusak disamping ada juga sejumlah gereja,"kata Henri Senin (13/12/2021).

Selain rumah warga dan tempat ibadah, kerusakan gempabumi juga sebabkan kerusakan fasilitas umum seperti Balai Dusun di Babar Baratd an Sarana Prasaran Air Bersih di Dusun Kumur, Kecamatan Damer. " 1 unit Balai Dusun di Dusun Bebar Barat juga rusak sedang dan sarana prasarana air bersih di Dusun Kumur juga terputus,"tandasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x