Kompas TV regional peristiwa

Momen Seru Ganjar Coba Atraksi Budaya Desa Adat Sade

Kompas.tv - 23 November 2021, 16:13 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat memiliki keindahan alam sekaligus kekayaan adat dan budaya yang saat ini masih terjaga baik di Desa Adat Sade.

Semua potensi budaya ini adalah aset yang harus dipromosikan hingga keluar negeri untuk menarik wisatawan.

Berada di Pulau Lombok, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi Desa Adat Sade, yang berada di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Desa ini dikenal sebagai desa yang mempertahankan Adat Suku Sasak.

Ganjar disambut atraksi budaya khas desa tersebut, bahkan ikut berpartisipasi dalam tarung presean.

Yaitu pertarungan antara dua laki-laki bersenjatakan tongkat rotan dan semacam perisai dari kulit kerbau, dulu presean adalah simbol kejantanan para pria Suku Sasak.

Keunikan budaya dan upaya untuk terus melestarikannya membuat Ganjar kagum termasuk pada kerajinan yang dibuat Warga Sade.

Ganjar bahkan memborong sejumlah kerajinan dan kopi yang barus saja ditumbuk warga.

Menurut Ganjar, kekayaan dan pelestarian budaya Desa Sade juga harus terus dipromosikan agar menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Agar ketika datang ke Pulau Lombok orang-orang tidak hanya mengunjungi Sirkuit Mandalika dan Gili Trawangan, namun bisa juga menikmati pesona tradisi di Desa Adat Sade.

Selain mempromosikan, Ganjar Pranowo berharap warga untuk terus berinovasi agar Desa Adat Sade, dengan kekayaan budaya dan kehangatan hati warganya menjadi momen yang tidak terlupakan bagi wisatawan.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x