Kompas TV regional berita daerah

Olahan Minuman Kesehatan Dari Bunga Telang

Kompas.tv - 19 November 2021, 17:05 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR, KOMPAS.TV - Bunga yang memiliki nama asli, Clitoria Ternate, ini masuk dalam jenis bunga yang bisa dikonsumsi. Tak sekedar layak konsumsi, tapi juga kaya akan khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya antioksidan, yang mampu menghilangkan racun di saluran pencernaan, menghindari obesitas, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga cocok dikonsumsi di tengah pandemi Covid-19 ini.

Awalnya hanya untuk dikonsumsi sendiri, namun melimpahnya bunga telang yang tumbuh merambat, membuat, budiman, sang pemilik kebun terpikir untuk mengembangkannya sebagai usaha. 

Berbekal ilmu yang ia dapat dari internet, ia pun mencoba mengolah bunga telang menjadi olahan teh.

Cara penyajiannya, pertama siapkan air ke dalam panci dan taburi beberapa lembar bunga telang yang sebelumnya sudah dijemur selama dua hari. Dimasak hingga mendidih dan air pun berubah warna. Setelah itu, dimasukan gula jagung, serta perasaan air jeruk lemon, agar menambah kenikmatan teh bunga telang ini.

Banyak khasiatnya banyak pula penggemarnya. mengkonsumsi teh bunga telang juga bisa oleh segala usia, terlebih yang sudah lanjut usia. Selain diolah menjadi teh, bisa juga diolah menjadi bahan makanan, seperti kue bolu. minum Ramah dikantong tapi juga kaya akan khasiat, untuk satu botol teh bunga telang dijual tujuh ribu rupiah saja. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x