Kompas TV regional berita daerah

Peringatan Hari Diabetes Sedunia

Kompas.tv - 18 November 2021, 15:33 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - 14 November diperingati sebagai hari diabetes sedunia. Di Kabupaten Klungkung, Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Kesehatan menggelar gebyar pemeriksaan kesehatan, yang dipusatkan disemua puskesmas yang ada di Klungkung.

Hari diabetes sedunia, 14 November 2021, di Kabupaten Klungkung dilaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari penyuluhan kesehatan, hingga gebyar pemeriksaan kesehatan gratis bagi para lansia, yang dipusatkan di semua puskesmas di wilayah Kabupaten Klungkung.

Pada puncak acara yang dilaksanakan di puskesmas dawan satu, di Desa Pikat Kecamatan Dawan Klungkung, minggu pagi. Dihadiri jajaran Dinas Kesehatan Klungkung sebagai penyelenggara dan dibuka oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Sekretaris Dinas Kesehatan Klungkung, Dokter Ida Ayu Megawati didampingi jajaran Dinas Kesehatan Klungkung mengatakan, hari diabetes sedunia di Klungkung ini, disinergikan dengan membudayakan germas, gerakan masyarakat hidup sehat.

Salah satu indikator yakni cek kesehatan rutin secara berkala untuk mengurangi terjadinya resiko penyakit tidak menular. Selain itu upaya penanganan kesehatan masyarakat di Klungkung terus dilakukan dengan pengecekan rutin kesehatan masyarakat melalui petugas kesehatan dilapangan yang keliling ke rumah-rumah warga. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan hari kesehatan nasional ke 57 tahun 2021 di Klungkung.

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan pergeseran pola hidup yang mengakibatkan terjadinya penyakit tidak menular, seperti jantung, darah tinggi, dibetes dan lainnya harus diproteksi dengan mengatur pola hidup, yang tentunya dibantu perannya dari pemerintah daerah.

Bupati mengajak masyarakat untuk rutin melakukan cek kesehatan minimal satu tahun sekali. Atau setidaknya tiga bulan sekali untuk para lansia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Klungkung, terjadi peningkatan kasus diabetes di Klungkung, yang dominan disebabkan pola makan. Pada tahun 2020 data penderita dm sebanyak, 3.468 orang dan pada 2021 hingga bulan September angkanya meningkat menjadi  4.178 orang. Para penderita ini sudah rutin mendapat penanganan, baik cek kesehatan maupun pengobatan.

 

 

 

 

 

#DinasKesehatanKlungkung #BupatiKlungkung #DokterIdaAyuMegawati

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x