Kompas TV regional berita daerah

Canggih! Pedagang Pasar jualan Via Digital

Kompas.tv - 17 November 2021, 15:10 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Mendorong digitalisasi pasar rakyat yang diinisiasi kementerian perdagangan bank indonesia bersama pemprov jabar meluncurkan digitalisasi pasar rakyat juara jawa barat dan pencanangan pasar sehat inovatif dan aman pakai Qris di pasar atas baru cimahi jawa barat. Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat melakukan cash-in dan cash-out serta mendorong para pedagang pasar tradisional untuk segera on-boarding ke dalam digital marketplace.

Digitalisasi pasar rakyat juara jawa barat dan pencanangan pasar sehat inovatif dan aman pakai qris merupakan perwujudaan sinergi antara program “s.i.a.p qris” dari bank indonesia.  Program pasar rakyat juara jawa barat dari pemprov jabar dan program digitalisasi pasar rakyat yang diinisiasi oleh kementerian perdagangan.

Implementasi program digitalisasi di pasar atas baru cimahi memiliki karakteristik khusus yakni dilakukan secara simultan dan end-to-end di berbagai lini dan direncanakan akan berlanjut sampai ke berbagai aspek pelaku ekonomi yang terlibat di pasar.

Pada tahap awal digitalisasi dimulai dari pembayaran non tunai utamanya menggunakan kanal quick respond code indonesia standard atau qris akan memudahkan masyarakat melakukan cash-in dan cash-out.  Serta mendorong para pedagang pasar tradisional untuk segera on-boarding ke dalam digital marketplace yang akan membuka akses ke pasar online sebagai komplementer transaksi yang selama ini dilakukan secara offline.

Dari total sekitar lima ratusan pedagang di pasar ini atas baru cimahitercatat  243 pedagang  telah menggunakan kanal pembayaran qris dan 250 pedagang yang telah memanfaatkan sarana digital marketplace.

Pola transformasi digital seperti yang dilaksanakan di pasar atas baru cimahi diyakini akan memberikan berbagai manfaat baik bagi masyarakat perbankan maupun pemerintah.

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x