Kompas TV regional berita daerah

Dukung Uji Klinik Vaksin Merah Putih, Khofifah Siap Jadi Relawan Pertama

Kompas.tv - 9 November 2021, 17:37 WIB
dukung-uji-klinik-vaksin-merah-putih-khofifah-siap-jadi-relawan-pertama
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Sidang Terbuka Dies Natalis ke-67 Universitas Airlangga (Unair), Selasa (9/11/2021). (Sumber: Dok. Unair)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

SURABAYA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku siap menjadi orang pertama yang menerima Vaksin Merah Putih sebagai dosis booster.

Khofifah menyatakan, akan terus mendukung setiap proses percepatan uji klinik dari vaksin besutan Universitas Airlangga (Unair) tersebut, mulai dari tahap pertama hingga ketiga.

Kini, pelaksanaan uji klinik Vaksin Merah Putih masih menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Jika dalam proses ke depan, Vaksin Merah Putih dapat digunakan sebagai booster, maka saya siap menjadi relawan pertama," kata Khofifah saat menghadiri Sidang Terbuka Dies Natalis ke-67 Unair, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga: Khofifah Masuk 500 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia, Pengamat: Inspirasi Perempuan Indonesia

"Tetapi jika kemudian syarat uji klinik adalah yang pertama kali mendapat vaksin atau belum divaksin, maka membutuhkan relawan yang lain," sambungnya.

Adapun, rencana uji klinik Vaksin Merah Putih bakal ditangani oleh tiga pihak yang terdiri atas Unair, PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya.

Khofifah menambahkan, sejak bulan lalu, pihak RSUD Dr. Soetomo pun telah menyiapkan satu tempat khusus untuk menggelar uji klinik Vaksin Merah Putih.

"Jadi, tempat untuk uji klinik bagi para relawan (Vaksin Merah Putih) adalah di RSUD Dr. Soetomo," ujar Khofifah.

"Sehingga kami turut menjadi bagian dalam percepatan pelaksanaan uji klinik Vaksin Merah Putih, (mulai) tahap pertama, kedua, dan ketiga," imbuhnya.

Baca Juga: Khofifah Undang Atlet PON ke Gedung Negara Surabaya: Terima Kasih Pahlawan Olahraga Jawa Timur!

Di samping itu, Khofifah mengungkapkan, hingga saat ini sudah cukup banyak orang yang mendaftar sebagai relawan uji klinik Vaksin Merah Putih.

Dengan demikian, Khofifah berharap, bakal semakin banyak pihak yang mendukung setiap proses pengembangan dari vaksin karya anak bangsa tersebut.

"Sebagai Ketua Ikatan Alumni Unair, saya bangga dengan Unair yang telah memberikan persembahan terbaik bagi negeri ini," tutur Khofifah.

"Saya tegaskan kembali bahwa saya akan menjadi orang yang berdiri di depan untuk mendorong suksesnya uji klinik Vaksin Merah Putih tahap pertama, kedua, dan ketiga," tutur Khofifah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x