Kompas TV regional peristiwa

Konflik Orang Rimba dan PT PKM Berlanjut, Diharapkan Penyelesaian Secara Adil

Kompas.tv - 9 November 2021, 16:18 WIB
konflik-orang-rimba-dan-pt-pkm-berlanjut-diharapkan-penyelesaian-secara-adil
Anggota komunitas Orang Rimba di wilayah Terab, Kabupaten Batanghari, Jambi, menunjukkan tanaman hasil semaiannya, Sabtu (22/5/2021). Mereka banyak bergantung pada alam. (Sumber: Kompas.id/Irma Tambunan)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAMBI, KOMPAS.TV – Proses penyelesaian konflik antara komunitas adat Orang Rimba dan PT Primatama Kreasi Mas, anak usaha grup Sinar Mas Agro Resources and Technology terus bergulir.  Dalam hal ini, dua warga Orang Rimba telah menyerahkan diri karena telah melukai petugas perusahaan.

Diketahui, Orang Rimba yang semula mengungsi ke hutan akhirnya kembali keluar untuk berdialog dengan aparat dan bersama-sama menyelesaikan konflik.

Salah satu pimpinan adat di wilayah Air Hitam Sarolangun, Tumenggung Melayu Tuha mengatakan, telah meminta anggotanya yang melepaskan tembakan sehingga melukai petugas keamanan perusahaan itu untuk menyerahkan diri kepada aparat penegak hukum.

Dua di antaranya telah menyerahkan diri pada Sabtu lalu. Ia juga sekaligus meminta aparat penegak hukum bertindak adil serta berupaya melihat persoalan ini secara lebih dalam.

”Kami bersedia bertemu dengan rajo (wakil aparat), tolong kami jugo diperhatiko (diperhatikan). Kami mumpa nio karano sumber penghidupon sudah helang (Kami jadi begini karena sumber penghidupan sudah hilang),” terangnya, Senin (8/11/2021), seperti dikutip dari Kompas.id.

Awal mula

Konflik ini berawal dari sejumlah induk (perempun) rimba yang sedang memungut brondolan (remah buah sawit yang terbuang di tanah) didatangi petugas keamanan perusahaan tersebut. Petugas kemudian merampas buah sawit yang sudah dikumpulkan para induk.

Baca Juga: Kisah Orang Rimba Ketakutan Kubur Uang Rp1,5 Miliar Dalam Tanah Usai Ditolak Bank

Tindakan petugas itu membuat induk ketakutan dan berteriak-teriak histeris. Teriakan para induk membuat warga kelompok itu berdatangan. Setibanya di sana, warga yang bermaksud melindungi induk-induk malah dipukuli petugas.



Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x