Kompas TV regional berita daerah

Ngeri! Macan Tutul di Nusakambangan Muncul

Kompas.tv - 8 November 2021, 11:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

CILACAP, KOMPAS.TV - Seekor macan tutul muncul di kawasan tambang batu kapur di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Dari video yang viral di media sosial, tampak seekor macan tutul muncul mengikuti alat berat milik perusahaan pengembangan lahan penambangan batu kapur di Nusakambangan. Sejumlah pihak menilai satwa dilindungi ini muncul karena habitatnya terus tergerus area tambang. Namun hal ini dibantah oleh pihak perusahaan.

Selain itu, pihak balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) juga sempat menyampaikan jika kehidupan macan tutul di Pulau Nusakambangan relatif stabil.

"Macan tutul tersebut berada di area penambangan batu kapur di Nusakambangan. Ini menunjukan bahwa macan tersebut terlindungi dan rantai makanan di sana berjalan dengan baik. Sebagai informasi bahwa area penambangan kami 65 persen dari luas total itu digunakan sebagai hutan konservasi. Kami sudah menghijaukan semua area bekas tambang di Nusakambangan," ujar Deni Nuryandain, Corporate Communication Solusi Bangun Indonesia Pabrik Cilacap.

Pihaknya juga rutin menyosialisasikan kepada masyarakat agar tidak menganggangu atau berburu satwa liar yang dilindungi.

#macantutul #nusakambangan #cilacap

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x