Kompas TV regional peristiwa

Pengakuan Trimah yang Dititipkan Anaknya ke Panti Jompo: Bilangnya Pergi Dekat Ternyata ke Panti

Kompas.tv - 1 November 2021, 20:30 WIB
pengakuan-trimah-yang-dititipkan-anaknya-ke-panti-jompo-bilangnya-pergi-dekat-ternyata-ke-panti
Nenek Trimah, ibu tua asal Magelang yang dititipkan anak mereka ke Panti Jompo Griya Lansia di Malang, Jawa Timur. (Sumber: Tribun Solo)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

MALANG, KOMPAS.TV - Trimah, seorang perempuan lanjut usia atau lansia asal Magelang, Jawa Tengah, mungkin tak pernah menyangka bakal menerima kenyataan pahit dititipkan ke panti jompo.

Diketahui, oleh anak-anaknya, Trimah dititipkan di panti jompo Griya Lansia Husnul Khotimah di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Lansia Masih Rendah, Kemenkes Beber Penyebabnya

Ia dititipkan di sana sejak 27 Oktober 2021. Ketika anak-anaknya memutuskan menitipkannya ke panti jompo, Trimah mengaku tidak pernah diberi tahu sebelumnya.

Awalnya, Trimah mengaku hanya akan diajak jalan-jalan oleh anak-anaknya sebentar. Belakangan Trimah malah dititipkan ke panti jompo.

"Pokoknya pergi yuk, tadinya bilang (perginya) dekat," kata Trimah mengenang kembali saat hari dia dititipkan, seperti dikutip dari Kompas.com pada Senin (1/11/2021).

Trima hanya bisa pasrah ketika sampai di Griya Lansia. Ia mau tak mau harus mengikuti kehendak anak-anakya yang menginginkan dirinya berada di panti jompo tersebut.

Baca Juga: Melihat Tempat Penampungan Bagi Lansia Terlantar di Malang

Kepadanya, Trimah mengatakan, anak-anaknya sempat berpesan agar lebih hati-hati dan tabah selama berada di panti jompo tersebut.

"Mereka bilang, Ma, hati-hati, yang sabar ya, Mama sabar di sini. Saya bilang iya saja," tuturnya.

Trimah mengaku mempunyai tiga anak. Terdiri atas dua perempuan dan seorang laki-laki.

Menurut dia, dua anaknya saat ini tinggal di Jakarta. Sedangkan seorang lainnya yang perempuan tinggal di Pekalongan, Jawa Tengah.

Trimah mengatakan, sempat tinggal bersama anaknya yang perempuan di Pekalongan. Kemudian, dia mengaku sempat pindah ke rumah anaknya yang lain di Jakarta.

Selama di ibu kota, Trimah tinggal di rumah kontrakan sampai masa kontraknya habis sebelum akhirnya dititipkan di Griya Lansia.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x