Kompas TV regional budaya

Mendoan Jadi Warisan Budaya Takbenda 2021

Kompas.tv - 30 Oktober 2021, 20:54 WIB
mendoan-jadi-warisan-budaya-takbenda-2021
Kuliner khas Banyumas, Jawa Tengah bernama mendoan kini telah menjadi salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia. (Sumber: Kompas TV/Ant/Sumarwoto)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Gading Persada

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Kuliner khas Banyumas, Jawa Tengah bernama mendoan kini telah menjadi salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia. Makanan berbahan dasar tempe ini menjadi salah satu dari 289 WBTb 2021.

Hal ini sesuai keputusan dalam sidang Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021 yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di Jakarta, Jumat (29/10/2021).

Kepala Seksi Nilai Tradisi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Mispan menuturkan, pihaknya mengusulkan mendoan sebagai warisan budaya sejak 2020.

Baca Juga: Gamelan Masuk Nominasi Warisan Budaya Unesco 2021, Tempe Juga akan Diajukan

"Mendoan akhirnya terdaftar sebagai WBTb kategori Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional setelah mengalami perjalanan panjang. Proses pengusulannya sudah dilakukan sejak tahun 2020," ujar Mispan pada Sabtu (30/10/2021), dikutip dari Antara.

Mispan membeberkan, mendoan menjalani proses seleksi secara berjenjang hingga dapat menjadi Warisan Budaya Takbenda.

Setelah seleksi administrasi oleh Sekretariat Warisan Budaya Takbenda, mendoan akan dibahas dalam rapat usulan kesatu dan kedua oleh Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda.

Lalu, dinas terkait di tingkat provinsi/kota/kabupaten akan melakukan verifikasi dan pemaparan usulan di tingkat nasional.

Menurut Mispan, Dinporabudpar Banyumas ikut mengirimkan data foto, video, dan kajian akademis untuk kebutuhan administrasi ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Lalu, Disdikbud Jateng mengusulkan kuliner dari kacang kedelai itu pada Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x