Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Relawan di Brebes Ikuti Apel Siaga Bencana

Kompas.tv - 30 Oktober 2021, 13:20 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Apel kesiapsiagaan bencana alam digelar di halaman Islamic Center jalan Yos Sudarso, Brebes, diikuti ratusan relawan terdiri dari berbagai unsur, mulai dari BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, PMI, Dishub, SAR, Damkar, Tagana, beberapa Ormas. 

 

Apel dipimpin Bupati Brebes, Idza Priyanti. Selain personil, sejumlah  peralatan sarana penunjang yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan penanganan bencana seperti dapur umum, mobil ambulance, truk evakuasi, perahu karet, alat berat, dan beberapa alat lainnya didatangkan untuk diperiksa kelayakan fungsinya. 

 

Apel dilaksanakan seiring mulai masuknya musim penghujan yang sangat rawan terjadi bencana alam, seperti banjir, angin puting beliung maupun letusan gunung. Selain itu, apel juga bertujuan untuk memastikan personil, sarana dan prasarana dalam kondisi baik siap digunakan sesuai fungsinya. 

 

Kabupaten Brebes yang terletak di wilayah pesisir pantai utara, merupakan daerah langganan banjir kiriman dari hulu, karena dilintasi dua sungai besar yakni sungai pemali dan cisanggarung. Selain itu, banjir air laut pasang, dan angin puting beliung juga kerap terjadi. 

 

Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan, mengingat saat ini intensitas hujan mulai meningkat. Mengingat, bencana hanya bisa ditanggulangi dan diantisipasi. Penanggulangan bencana juga tidak lagi di titik beratkan hanya pada penanganan kedaruratan namun lebih kepada upaya pengurangan resiko bencana.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x