Kompas TV regional peristiwa

Catat! Ini 8 Rute DAMRI Bandung yang Berhenti Operasi Sementara

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 13:32 WIB
catat-ini-8-rute-damri-bandung-yang-berhenti-operasi-sementara
8 Rute bus DAMRI Bandung yang Ditutup sementara. (Sumber: Dok. DAMRI )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

BANDUNG, KOMPAS.TV - Perum DAMRI menghentikan sementara operasional delapan rute bus Kota di daerah Bandung, Jawa Barat. 

Pemberhentian operasional tersebut diketahui berlaku mulai hari ini, Kamis (28/10/2021) sampai batas waktu yang belum dapat ditentukan.

Corporate Secretary Damri Sidik Pramono mengungkapkan, penutupan rute tersebut terpaksa dilakukan guna menutup kerugian perusahaan karena load factor yang rendah.

"Load factor yang kecil dan preferensi sebagian besar pelaku perjalanan di Bandung dalam bermobilitas yang tidak menggunakan bus kota, menjadi dasar pertimbangan Damri untuk mengambil langkah tersebut yang dengan berat hati," ujar Sidik seperti yang dikutip dari Tribunnews, Kamis. 

Sidik menuturkan, hingga kini DAMRI Masih terus mengevaluasi segmen-segmen usaha yang dijalankan tersebut. 

Dia menambahkan, jika dalam penilaian tingkat keekonomiannya terpenuhi, kegiatan operasional pada rute-rute yang untuk sementara diberhentikan tersebut bisa dijalankan kembali.

Lebih lanjut, Sidik mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk memastikan pelayanan transportasi publik tidak terganggu, khususnya pada rute-rute di mana DAMRI menghentikan sementara kegiatan operasinya.

Baca Juga: DAMRI Bandung Berhenti Operasi Mulai Hari Ini, Berikut Rute yang Masih Dibuka

Berikut adalah 8 rute yang dihentikan sementara: 

  1. Cicaheum - Cibeureum
  2. Ledeng - Leuwipanjang
  3. Dipatiukur - Leuwipanjang
  4. Elang - Jatinangor via Cibiru
  5. Dipatiukur - Jatinangor
  6. Kebon Kalapa- TJ Sari
  7. Cicaheum - Leuwipanjang
  8. Alun- Alun Bandung - Ciburuy

Adapun 3 jalur yang masih beroperasi: 

  1. Jatinangor - Elang (via tol)
  2. Cibiru - Kebon Kalapa
  3. Alun-alun Bandung - Kota Baru Parahyangan

Sebagai informasi, awalnya kabar diberhentikannya operasi Bus DAMRI di Kota Bandung ini diketahui dari pengumuman manajemen dengan nomor 968/UM.001/10/GM/X-2021 yang beredar di media sosial.

Berdasarkan pengumuman yang beredar, penghentian layanan sementara ini terpaksa dipilih karena kinerja keuangan yang mengalami kerugian dan kesulitan biaya operasional. 

"Berhubungan Kinerja Keuangan Bus Kota DAMRI Bandung mengalami Kerugian Dan Kesulitan Biaya Operasional, Maka Terhitung Mulai Tanggal 28 Oktober 2021 Seluruh Pelayanan Bus Kota DAMRI Bandung Untuk Sementara Berhenti Operasional, Demikian Untuk Dimaklumi, Terima Kasih," tulis pengumuman.

Baca Juga: DAMRI Buka Rute Baru Yogyakarta-Jakarta PP, Segini Tarifnya



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x