Kompas TV regional berita daerah

Taman Wisata Alam Sorong Kini Sediakan Fasilitas Klinik dan Karantina untuk Satwa Dilindungi

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 18:10 WIB
Penulis : Dea Davina

PAPUA BARAT, KOMPAS.TV - Guna memberikan perlindungan bagi satwa yang dilindungi, Taman Wisata Alam Sorong kini dilengkapi dengan fasilitas klinik perawatan satwa.

Tempat ini berguna untuk karantina satwa sebelum di lepasliarkan ke alam.

Klinik dan karantina Balai Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat ini baru dibangun oleh Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim, dengan tujuan dapat mengembalikan tingkah laku satwa yang ditangkap dari tangan manusia sebelum dikembalikan ke alamnya.

Setelah diresmikan tempat ini sudah diisi dengan beberapa jenis satwa seperti kakatua jambul kuning, kasuari gelambir dan kakatua raja.

Sejumlah satwa ini akan dikarantina hingga batas waktu yang tidak ditentukan, hingga satwa tersebut dapat kembali menyatu dengan alam.

Tempat ini juga terbuka bagi masyarakat umum yang ingin membawa satwa yang dilindungi untuk dikarantina, karena memiliki tujuan untuk menjaga sejumlah satwa di hutan Papua agar tidak mengalami kepunahan.

Sesuai dengan aturan masyarakat diharapkan untuk tidak lagi memelihara sejumlah satwa yang dilindungi, karena pemerintah telah menyiapkan tempat bagi satwa tersebut, sebelum dilepasliarkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x