Kompas TV regional berita daerah

Inspiratif! Mahasiswa Manado Jual Makanan Olahan Ikan Cakalang untuk Bayar Kuliah

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 18:09 WIB
Penulis : Reny Mardika

MANADO, KOMPAS.TV - Sejumlah mahasiswa di Manado, Sulawesi Utara berjualan makanan olahan ikan cakalang fufu untuk membantu orang tua biayai kuliah.

Keuntungan dari penjualan ikan cakalang ini mereka gunakan untuk meringankan beban orangtua dalam membayar biaya kuliah.

Dengan memanfaatkan lahan kosong di area kampus, para mahasiswa Universitas Nusantara Manado Sulawesi Utara ini tengah sibuk membuat olahan ikan cakalang.

Mereka memanfaatkan waktu luang selama pandemi dengan membuat usaha mikro kecil dan menengah dengan cara berjualan ikan cakalang fufu.

Hidangan olahan yang  dibuat dengan cara diasapi ini merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Utara yang kerap dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

Baca Juga: Unsoed Segera Gelar Kuliah Tatap Muka

Para mahasiswa mengumpulkan modal secara patungan untuk membeli ikan mentah sebanyak 40 ekor dengan beragam ukuran dari pelelangan ikan di Kota Bitung. Dari 40 ekor ikan mereka bisa memproduksi hingga 80 ikat produk cakalang fufu.

Proses pembuatan ikan cakalang fufu dikerjakan secara bersama-sama. Mulai dari membersihkan ikan menggunakan air mengalir, mengikat ikan dengan bambu, hingga proses pengasapan ikan.

Pembuatan ikan cakalang fufu oleh mahasiswa Universitas Nusantara Manado sudah berlangsung selama 2 bulan terakhir.

Pihak universitas mendukung penuh UMKM yang dibetuk para mahasiswa ini.

Baca Juga: Mahasiswa Politani Kupang Demo Tolak Kenaikan UKT

Selain bisa mengaplikasikan ilmu kewirausahaan yang dipelajari saat kuliah para mahasiswa juga memperoleh pendapatan berupa keuntungan yang kemudian digunakan untuk meringankan beban orangtua mereka untuk membayar biaya kuliah.

Hasil umkm cakalang fufu dipasarkan dengan memanfaatkan media social agar jangkauannya lebih luas. Olahan cakalang fufu ini dijual dari harga Rp 25.000,- hingga Rp 60.000,- per ikatnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x