Kompas TV regional berita daerah

Biayai Kuliah Mahasiswa Jualan Cakalang Fufu

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 10:20 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Di tengah masa pandemic, sejumlah Mahasiswa Universitas Swasta di Manado berjualan makanan olahan ikan cakalang fufu. Selain bisa mempraktikan ilmu yang mereka pelajari, Mahasiswa juga meraup keuntungan yang digunakan untuk biaya kuliah.

Beginilah aktifitas sejumlah Mahasiswa Universitas Nusantara Manado. Memanfaatkan lahan kosong di area kampus, para mahasiswa membuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah dengan cara berjualan ikan cakalang fufu.

Hidangan olahan yang  dibuat dengan cara diasapi ini merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Utara yang kerap jadi cinderamata para wisatawan.

Setiap hari Kamis, Mahasiswa mengumpulkan modal secara patungan untuk beli ikan mentah sebanyak 40 ekor dengan ragam ukuran dari pelelangan ikan di kota Bitung. Dengan jumlah ikan sebanyak itu, mereka bisa memproduksi hingga 80 ikat produk cakalang fufu.

Proses pembuatan ikan cakalang fufu dikerjakan secara bersama, mulai dari membersihkan ikan menggunakan air mengalir, mengikat ikan dengan bamboo, hingga proses pengasapan ikan.

Kelebihan produk UMKM mahasiswa ini adalah tidak menggunakan bahan pengawet dan tanpa pewarna makanan.

Pembuatan ikan cakalang fufu oleh mahasiswa Universitas Nusantara Manado sudah berlangsung selama dua bulan terakhir.

Pihak universitas mendukung penuh Usaha Mikro Kecil Menengah yang dilakukan Mahasiswanya.

Selain bisa mengaplikasikan ilmu kewirausahaan yang dipelajari saat kuliah, mahasiswa juga memperoleh keuntungan  pendapatan yang kemudian digunakan untuk biaya kuliah.

Hasil UMKM cakalang fufu dipasarkan dengan memanfaatkan media sosial dengan harga jual dikisaran 25 ribu hingga 60 ribu rupiah per ikat.

#kompastvmanado #umkm #inovasi

Yongke Londa Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x