Kompas TV regional berita daerah

Jaket Tomalemba, Multifungsi Dengan Motif Tenun

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 14:05 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Mahasiswa Universitas Negeri Makassar membuat produk inovatif berupa jaket multi fungsi. Jaket bernama Tomalemba ini bisa juga di gunakan sebagai tas. Tak sampai di situ jaket ini juga menggunakan motif tenun khas Rongkong. Jaket Tomalemba di buat sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Mereka tergabung dalam PKM kewirausahaan.

Jaket ini dibuat dari kain perca dengan tambahan sejumlah motif. Motif yang pilih pun tak sembarang karena menggunakan motif tenung Rongkong salah satu tenun khas Sulawesi Selatan. Selain motifnya jaket Tomalemba juga berfungsi ganda. Jaket ini di desain untuk bisa menjadi tas.

“jaket punya kelebihan, pertama mengangkat nilai budaya Sulsel, kemudian dari tas bisa menjadi jaket dan juga waterproof, kemudian dari kendala teknis, yaitu sulitnya mencari kain perca yang bermotif sama, karena disini kita memanfaatkan limbah, jadi kita tidak bisa memilih". Ungkap Rina Mariana

Untuk pembuatan jaket tomalemba para mahasiswa ini membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk 13 jaket. Mereka pun memasarkan jaket ini dalam lingkup terbatas mengingat produksi dan bahan yang masih terbatas.

#PKM

#mahasiswa

#wirausaha



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x