Kompas TV regional berita daerah

Kodim Rembang Bantu Vaksin di Desa Pinggiran

Kompas.tv - 4 Oktober 2021, 11:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REMBANG, KOMPAS.TV - Upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, mendapat dukungan dari Kodim 0720 Rembang. Bahkan, Kodim Rembang pro aktif dengan mendatangi satu persatu warga yang belum vaksin di desa pinggiran di Pegunungan Kendeng. 

Dengan mengendarai sepeda motor petugas gabungan dari TNI Kodim 0720 Rembang dan Dinas Kesehatan, mendatangi rumah warga di Desa Trembes, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, yang lokasinya berada wilayah Pegunungan Kendeng. Begitu tiba, mereka langsung mendatangi satu persatu rumah warga. Setiap rumah dilakukan pendataan untuk mengetahui dan memastikan anggota keluarga sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Bagi yang belum mendapat vaksin, petugas langsung melakukan sosialisasi dan meminta kesadarannya untuk bersedia divaksin. Aksi jemput bola secara door to door ini mendapat sambutan dari masyarakat yang sebagian mengaku kesulitan untuk mendapatkan vaksinasi. 

Menurut Dandim 0720 Kabupaten Rembang, aksi pro aktif vaksin dengan mendatangi rumah warga ini merupakan upaya Kodim Rembang membantu pemerintah dalam proses percepatan vaksinasi. Setidaknya sudah ada 300 warga di desa ini yang sudah mendapatkan vaksinasi sehingga terbentuk herd imunity. "Kita bantu masyarakat yang sulit untuk menjangkau sentra-sentra vaksinasi kita fasilitasi. Sehingga masyarakat Desa Trembes khususnya bisa terbentuk herd imunity. Minimal sesuai target yang kita harus capai yaitu 50 persen," kata Letkol Kav. Donan Wahyu Sejati, Dandim 0720 Rembang. 

Hal senada juga disampaikan Kades Trembes Edi Istiyanto. Kegiatan vaksinasi dengan cara mendatangi warga secara langsung dinilai sangat membantu. KIni hampir semua warganya sudah mendapatkan vaksinasi.  "Vaksin door to door ini sangat membantu sekali, kini hampir semua warga Desa Trembes bisa tervaksin. Sudah sekitar 90 persen sudah tervaksin," katanya. 

Selain kegiatan vaksinasi door to door yang merupakan salah satu kegiatan tentara manunggal membangun desa atau TMMD, Kodim 0720 Rembang juga melakukan pembangunan infrastruktur berupa pembangunan jalan sepanjang satu kilometer lebih. 

#vaksindoortodoor #tmmd #kodimrembang 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x