Kompas TV regional kesehatan

4 Tips untuk Mencegah Kanker

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 14:35 WIB
4-tips-untuk-mencegah-kanker
Ilustrasi makanan yang dapat menyebabkan resiko kanker. (Sumber: Pixabay/Free-Photos)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kanker merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker bertanggung jawab atas hampir 10 juta kematian pada 2020 dan merupakan penyebab utama kematian pada tahun itu.

Kanker sendiri tidak bisa disembuhkan. Dokter menggunakan istilah “remisi” bagi pasien yang perawatannya berhasil. Remisi berarti sel kanker tidak ditemukan lagi dalam tubuh. Namun, itu tidak memungkiri kemungkinan bahwa kanker bisa saja kembali.

Baca Juga: Pelawak Nurul Qomar Idap Kanker Usus Stadium 4, Ini 5 Ciri-Ciri Kanker Usus yang Sering Tak Disadari

Kanker umumnya diidentikkan dengan sebab genetik. Padahal, gaya hidup dan lingkungan juga berperan besar. Kata John Whyte, dokter sekaligus Ketua Medis WebMD, mayoritas ahli bersepakat bahwa faktor genetik hanya beperan tidak sampai 20% dari timbulnya kasus kanker.

Hal tersebut berarti cara hidup amat berperan dalam upaya pencegahan kanker. Berikut adalah empat tips mencegah kanker sebagaimana disarikan WebMD.

1. Anggap makanan seperti obat.

Anda mestinya sadar bahwa apa pun yang Anda makan akan berefek kepada tubuh. Asupan makanan sehat penting untuk mencegah kanker.

Disarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah, gula, serta produk-produk makanan olahan. Selain itu, menambah konsumsi buah, sayuran, serta ikan selalu menjadi ide bagus.

Untuk minuman, Anda disarankan minum kopi atau teh, terutama pada pagi hari. Dua minuman ini kaya akan antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan. Kopi dan teh juga mengandung vitamin dan mineral seperti magnesium dan riboflavin yang baik bagi tubuh.

2. Rajin olahraga.

Olahraga paling bermanfaat jika dilakukan dengan konsisten, menuntut pengeluaran tenaga, serta bervariasi atau melibatkan otot-otot yang berbeda. 

3. Tidur yang cukup.

Kurang tidur dapat mengundang berbagai macam penyakit. Tidur berkualitas berhaga bagi kesehatan tubuh serta upaya pencegahan kanker.

4. Perhatikan kesehatan mental.

Kesehatan fisik selalu terhubung dengan kesehatan mental. Mental yang sehat juga penting dalam upaya pencegahan kanker. Pasalnya, kondisi stres dapat membuat sel lebih rentan terkena kanker.

Baca Juga: Napak Tilas Prestasi Verawaty Fajrin, Legenda Bulu Tangkis Indonesia yang Terkena Kanker Paru-paru


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x