Kompas TV regional berita daerah

Wisata Keliling Kebun Buah Naga di Malam Hari, Bisa Dipanen Sepanjang Tahun

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 10:59 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Di Banyuwangi Jawa Timur kini ada destinasi wisata baru, yakni keliling kebun buah naga di malam hari. Di tempat itu, wisatawan bisa menikmati buah naga segar, yang dapat dipanen sepanjang tahun. Wisatawan juga bisa berswafoto dengan latar gemerlap lampu warna-warni.

Jika anda bosan menikmati liburan di pantai atau di gunung, tidak ada salahnya jika anda mencoba menikmati liburan bersama keluarga dengan mengunjungi agrowisata kebun buah naga.

Baca Juga: Ubah Lahan Kosong Jadi Wisata Kebun Bunga Matahari

Agrowisata itu dikembangkan dan dikelola oleh kelompok petani di Dusun Tambakrejo, Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.

Agrowisata ini menyajikan sensasi keliling kebun buah naga di malam hari. Pengunjung juga bisa menikmati buah naga segar kapanpun, karena kebun buah naga disini bisa dipanen sepanjang tahun, baik saat musim hujan ataupun kemarau.

Salah satu pengunjung, Bono Samuel Arifin mengaku senang wisata di tempat ini, karena bisa memetik sendiri buah naga dari pohonnya. Ia juga bisa merasakan manisnya buah naga langsung dari pohonnya secara gratis. Pengunjung tidak diperbolehkan membawa pulang buah naga.

Baca Juga: Wisata Kebun Bunga Ala Eropa dan Korea

Salah satu petani, Edi Lusi menjelaskan bahwa budidaya buah naga ini dilakukan di lahan seluas ratusan hektare dengan menggunakan metode penerangan lampu agar bisa berbuah sepanjang musim. Metode penerangan lampu sebagai pengganti sinar matahari. Untuk setengah hektar tanaman buah naga, harus menggunakan 700 buah lampu dengan tegangan 16 watt.

Pengembangan agrowisata buah naga mendapat dukungan penuh dari pemerintah kabupaten setempat. Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan bahwa pemerintah membantu penuh petani dan warga yang mengelola wisata kebun buah naga dengan harapan bisa mendorong pertumbuhan wisata berbasis masyarakat pedesaan yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Data dari dinas pertanian setempat, luas lahan budidaya buah naga mencapai 16 ribu hektar yang tersebar di 5 Kecamatan di Banyuwangi.

 

#Agrowisata #KebunBuahNaga #PanenSepanjangTahun #Banyuwangi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x