Kompas TV regional berita daerah

Warga Berinovasi Mengolah Rambut Jagung Menjadi Abon

Kompas.tv - 30 September 2021, 19:56 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Warga Desa Rasau Jaya 1, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, berinovasi untuk menambah pemasukan di masa pandemi covid-19.Memanfaatkan sumber daya jagung yang melimpah, warga mengolah rambut jagung yang masih muda, untuk dijadikan abon.

Rambut jagung yang biasanya digunakan untuk pakan hewan ini, dikreasikan warga menjadi abon yang gurih dan nikmat.

Pembuatan abon ini, dilakukan oleh kelompok usah rumahan Paradikta. Prosesnya memakan waktu beberapa jam, mulai dari memisahkan jagung dengan rambut, hingga diolah menjadi abon.

Petani jagung mengaku mendukung upaya yang dilakukan warga tersebut, dengan memberikan rambut jagung. Ke depan, jika permintaan meningkat, ada kemungkinan rambut jagung juga akan memiliki nilai jual.

Kelompok usaha mahasiswa mandiri Rasau Jaya, melihat ada potensi menjanjikan dari usaha tersebut. Namun mereka menilai, warga masih perlu pembinaan untuk promosi, dan pengemasan. Sehingga, mahasiswa mencoba memberikan pendampingan, serta membuatkan media sosial, untuk membantu memasarkan produk rumahan abon rambut jagung.

Warga berharap, ke depan abon rambut jagung ini dapat menjadi oleh-oleh khas Kubu Raya, yang nantinya bisa dijual ke luar Kalbar, bahkan di luar negeri.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x