Kompas TV regional berita daerah

Calon Penumpang Kapal Wajib Vaksin, Di Pelabuhan Tersedia

Kompas.tv - 18 September 2021, 16:06 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANYUWANGI DAN SUMENEP, KOMPAS.TV - Otoritas pelabuhan di sejumlah daerah di Jawa Timur gencar melakukan vaksinasi bagi calon penumpang. Hal iu untuk mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok di masa pandemi Covid-19.

Salah satunya dilakukan oleh petugas kantor kesyahbandaran dan otoritas Pelabuhan Tanjung Wangi di Kabupaten Banyuwangi, pada Jumat (17/9/2021).

Petugas menggelar vaksinasi massal bagi seluruh calon penumpang tujuan pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat. Selain penumpang, seluruh sopir dan kru kapal juga diwajibkan vaksin sebelum melakukan perjalanan.

Baca Juga: 30 Korban Melaporkan Praktik Jual-Beli Vaksin Covid-19, Per Dosis Dipatok Rp315 Ribu!

Kepala KSOP Tanjung Wangi, Letkol Marinir Benyamin Ginting mengatakan bahwa langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 antar pulau.

Vaksinasi calon penumpang juga dilakukan di Pelabuhan Kalianget Kabupaten Sumenep, pada Jumat (17/9/2021). Bahkan vaksinasi menjadi keharusan bagi warga yang hendak menyeberang melalui Pelabuhan Kalianget.

Petugas gabungan memeriksa satu persatu calon penumpang dan meminta mereka menunjukkan sertifikat vaksin. Jika belum vaksin, maka langsung diarahkan ke kantor pelabuhan dan terminal penumpang untuk suntik vaksin.

Kapolsek Kalianget, Iptu Maliyanto Effendi menegaskan bahwa calon penumpang yang menolak divaksin, maka dilarang menaiki kapal dan diminta putar balik.
Program vaksinasi terus dikebut oleh pemerintah. Di Jawa Timur sendiri, ada 31 juta penduduk yang ditargetkan sudah menerima vaksin tahun 2021.

 

#VaksinasiCalonPenumpang  #PelabuhanKalianget  #PelabuhanTanjungWangi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x