Kompas TV regional peristiwa

Kronologi Tiga Pendaki Meninggal di Gunung Bawakaraeng, Sempat Dicegat Petugas

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 17:51 WIB
kronologi-tiga-pendaki-meninggal-di-gunung-bawakaraeng-sempat-dicegat-petugas
Tim penyelamat mengevakuasi jenazah pendaki yang ditemukan tewas di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (18/8/2021). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

GOWA, KOMPAS.TV - Kapolsek Tinggimoncong Gowa, Sulawesi Selatan Iptu Hasan membeberkan kronologi tiga pendaki yang meninggal di Gunung Bawakaraeng.

Seperti diberitakan, hingga Kamis (19/8/2021) pagi, sebanyak 3 pendaki Gunung Bawakaraeng Gowa ditemukan Tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia.

Para korban yakni Steven (21), Zainal Abidin (21), dan Rian (20).

Awalnya, jelas Hasan, rombongan berjumlah delapan orang berangkat dari Sungguminasa, Gowa menuju Gunung Bawakaraeng pada Sabtu, 14 Agustus 2021.

Saat tiba di Pos Bulubalea pada malam hari, rombongan tersebut sempat dicegat petugas.

Namun, karena jumlah pengunjung mencapai 400 orang, tidak seimbang dengan jumlah pengamanan sehingga penjagaan pos berhasil dibobol pengunjung yang akan naik menuju puncak dari jalur tersebut.

Lalu, pada 15 Agustus, mereka berangkat menuju puncak Gunung Bawakaraeng untuk persiapan mengikuti upacara pengibaran bendera merah pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Mereka sempat bermalam di Pos 8, karena diterjang badai. Setelah itu, keesokan harinya 16 Agustus, baru kembali ke puncak.

Tidak lama berada di puncak, mereka pun kembali turun karena terjadi badai serta persediaan logistik menipis, juga kekurangan alat penerangan.

"Jadi, antara Pos 8 dan 7 di situ, mereka sudah mulai terpisah-pisah. Korban bernama Steven ditemukan oleh pendaki lain di Pos 7 dan menginformasikan ke Basarnas ada jasad tergeletak di jalan (jalur), kemudian dievakuasi di Pos 7," ujarnya dilansir dari Antara, Kamis.

Baca Juga: Demi Rayakan Kemerdekaan RI, Satu Pendaki Gunung Bawakaraeng Tewas



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x