Kompas TV regional kesehatan

Gratis! Rumah Singgah Untuk Pasien Isolasi Mandiri Gejala Ringan

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 15:31 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Gerakan saling bantu di tengah pandemi masih terus dilakukan dan kali ini ada sebuah rumah yang disiapkan untuk isolasi mandiri para pasien covid-19 yang bergejala ringan.

Kebutuhan pasien difasilitasi secara gratis, seperti makan, hingga kebutuhan oksigen, ataupun ambulans.

Salah satu rumah singgah yang hadir untuk membantu pasien isolasi mandiri terletak di Jalan Pajajaran Klojen Kota Malang.

Bernama rumah teduh, rumah singgah ini dibuat oleh seorang pemilik yang merupakan warga Bandung, Jawa Barat. Total ada tiga rumah singgah dengan 85 tempat tidur.

Baca Juga: Komunitas Roa Jaga Roa Bantu Warga Isolasi Mandiri

Awalnya rumah singgah ini diperuntukkan bagi pasien kanker pra sejahtera yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit di Malang, tetapi terkendala biaya akomodasi, ketika harus rutin melakukan perawatan.

Dan ketika pandemi covid-19 mulai melanda dan angka positif semakin tinggi, rumah singgah ini dialihkan untuk pasien covid gejala ringan yang membutuhkan tempat untuk pasien menjalani isolasi mandiri.

Saat ini total ada lima belas pasien covid-19 di tiga rumah singgah. Sementara itu, kebutuhan pasien difasilitasi secara gratis, seperti makan, hingga kebutuhan oksigen, maupun ambulans.

Namun di rumah singgah, memang tidak disediakan dokter maupun perawat, tetapi ada delapan sukarelawan yang selalu siaga untuk merawat pasien.

Baca Juga: Mahasiswa Bagikan Bantuan Untuk Warga dan Rekannya Yang Isolasi Mandiri

Kini rumah teduh juga sudah mempersiapkan risiko terburuk, jika pasien covid-19 yang membutuhkan fasilitas isolasi membludak. Tempat tidur tambahan pun sudah disiapkan.

Selain menyediakan tempat untuk pasien covid menjalani isolasi, rumah teduh juga memberikan peminjaman puluhan tabung oksigen dan dua ambulans secara gratis.

Warga yang membutuhkan, tinggal menghubungi nomor call center yang tertera di media sosial Instagram rumah teduh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x