Kompas TV regional berita daerah

Warga Pasang 200 Bendera Merah Putih

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 14:10 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Meski masih di masa pandemi, namun warga tetap antusias menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam menyambut HUT Kemerdekaan, seperti yang tampak di rumah seorang warga di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Suasana HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 sudah terasa saat berkunjung ke salah satu rumah warga di Sukoharjo, Jawa Tengah. Rumah bergaya Jawa ini dipasang sejumlah 200 bendera merah putih.  

Selain memasang bendera, sang pemilik rumah, Kokor Wijanarko, juga memasang lambang Garuda Pancasila serta foto Soekarno sebagai Bapak Proklamator. Setelah itu, Kokor melakukan simbol menjahit bendera raksasa. Simbol ini dilakukan untuk mengingatkan akan sejarah bahwa bendera Indonesia pertama dijahit oleh Fatmawati. Selain itu simbol menjahit ini juga memperlihatkan kepada masyarakat bahwa yang dilakukannya untuk menjahit perbedaan dalam menangani pandemi Covid-19.

“Masyarakat butuh bantuan, butuh makan dan lain-lain. Ayo semua bangkit di hari kemerdekaan ini hilangkan rasa benci serta iri, kita mendukung untuk masyarakat agar cepat lepas dari Covid-19. Saya perlambangkan dengan menjahit bendera antara merah dan putih dijadikan satu. Mari kita rangkai kembali jangan sampai kita terpecah belah menghadapi Covid-19 harus bersatu,” kata Kokor Wijanarko, warga Sukoharjo.

Tahun ini akan menjadi tahun kedua Bangsa Indonesia memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Masyarakat diimbau tidak melakukan perlombaan agar tidak terjadi penyebaran Covid-19.

#covid19 #hutkemerdekaan #bendera



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x