Kompas TV regional berita daerah

Warga Kubu Raya Tangkap Buaya, Satu Orang Sempat Digigit

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 11:46 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Beginilah detik-detik video amatir saat warga di Dusun Mawar, Desa Sungai Itik, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, saat menangkap buaya yang masuk ke permukiman warga.

Warga menemukan seekor buaya anakan berukuran 1,6 meter ini di sebuah parit sekitar pemukiman. Parit ini menjadi tempat aktivitas sehari-hari warga, seperti mandi serta mencuci.

Dengan menggunakan jaring, warga sepakat melakukan penangkapan karena khawatir buaya kabur dan berkeliaran di permukiman. Setelah berusaha setidaknya satu jam, warga akhirnya berhasil melakukan penangkapan.

Diduga, buaya berasal dari kawasan pesisir yang menjadi habitat buaya muara berjarak sekitar 700 meter dari permukiman.

Namun warga mengaku, ini kali pertama buaya masuk ke kawasan permukiman padat ini.

Saat penangkapan, salah satu warga menjadi korban dan mengalami luka pada lutut akibat gigitan buaya saat ditangkap didalam sungai. Akibat gigitan ini warga mengalami luka dengan lima jahitan.

Setelah diamankan warga, buaya ini kemudian dievakuasi oleh BKSDA Kalbar untuk dilepasliarkan ke tempat yang lebih layak. Warga menduga masih ada indukan buaya di kawasan habitat dekat permukiman ini.

Warga berharap instansi terkait bisa menyisir kawasan sekitar, untuk memastikan keamanan dari kemungkinan masuknya buaya ke permukiman. Sebab, warga khawatir akan ada buaya yang kembali masuk ke pemukiman, karena parit di sekitar permukiman terhubung dengan kawasan muara sungai yang menjadi habitat buaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x