Kompas TV regional berita daerah

Pelajar SMP Isi Waktu Luang dengan Membuka Jasa Reparasi Elektronik

Kompas.tv - 10 Agustus 2021, 12:58 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Seorang pelajar SMP di Kota Probolinggo Jawa Timur memanfaatkan waktu luang pembelajaran tatap muka dengan membuka jasa perbaikan elektronik.

Pelajar kreatif itu adalah Adib Surya Ramadhan, usia 13 tahun, warga Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

Ia membuka jasa perbaikan elektronik di rumahnya bersama orangtuanya. Segala macam jenis barang elektronik dapat ia perbaiki, khususnya lemari es dan mesin cuci.

Baca Juga: 5 Kemampuan Dasar yang Anak Harus Pelajari Sejak Dini

Putra ketiga pasangan suami istri Surya Buana dan Warsini Hastuti itu belajar reparasi barang elektronik secara otodidak mulai usia 9 tahun. Kemampuannya berkembang pesat, karena sang ayah memiliki bengkel servis elektronik.

Adib dapat dengan cepat membetulkan barang elektronik yang rusak, mulai dari mendiagnosis kerusakan, hingga membetulkan komponen yang rusak dan menggantinya. Adib dapat membetulkan 6 lemari es dalam sehari, tergantung tingkat kerusakannya.

Adib mampu membagi waktu antara bekerja, belajar dan bermain sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Baca Juga: Kreatif! Warga Magetan Ubah Limbah Bambu Jadi Miniatur Rumah

Keahlian adib juga ditularkan ke sejumlah siswa sekolah menengah kejuruan yang melakukan praktek kerja lapangan di bengkel milik ayahnya. Bahkan sejak ayahnya sakit-sakitan, Adib lah yang menggantikan peran ayahnya.

Di masa pandemi, permintaan servis elektronik meningkat dibandingkan sebelumnya. Uang

dari jasa perbaikan, ia tabung dan kini mencapai puluhan juta rupiah.

#PelajarKreatif #ReparasiLemariEs #ReparasiMesinCuci 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x