Kompas TV regional berita daerah

Kelaparan, Kera Cari Makan di Rumah Warga

Kompas.tv - 10 Agustus 2021, 12:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Penutupan lokasi wisata selama PPKM ternyata berdampak pada hewan penghuni lokasi Gua Kreo Semarang, Jawa Tengah. Jika kelaparan, ratusan kera mencari makanan di rumah-rumah warga sekitar.

Biasanya ratusan kera yang ada di Gua Kreo Kota Semarang mendapat tambahan makanan dari pengunjung wisata. Namun, sejak lokasi wisata ditutup tidak ada pengunjung yang datang. Akibatnya, banyak kera kelaparan yang akhirnya berkeliaran di rumah-rumah warga sekitar.

Jika kera mulai keluar dari lokasi wisata, warga mulai siaga untuk mengusir dengan melempar batu atau ketapel. Namun jika lengah sebentar saja, kera-kera itu bisa mencuri barang dagangan milik warga sekitar.

Sebenarnya, warga sendiri tidak takut dengan kera berkeliaran, namun terkadang mereka kesal karena kera merusak genting rumah atau barang lainnya.

"Di sini itu, kalau ada yang ngasih makan, udah sampe keluar dari lokasi Gua Kreo. Tapi kalau sampe kelaparan, nanti di kampung-kampung mas, biasanya begitu," kata Jumadi, warga 

"Ini ada makanan, ada kerupuk, disitu ada klengkeng dicolong. Pokoknya kalau cari makan, ada minuman apa ya diambil," ujar Walinem.

Tidak hanya kera kelaparan, dampak ditutupnya lokasi wisata juga dirasakan oleh warga. Selain dagangan sepi pembeli, usaha lain seperti home stay atau penginapan juga tidak ada yang menyewa karena tempat wisata ditutup.

#lokasiwisata #guakreo #semarang



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x