Kompas TV regional berita daerah

Limbah Masker Medis Berserakan di TPA Pakusari, Berbahaya Bagi Pemulung dan Petugas

Kompas.tv - 7 Agustus 2021, 13:41 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Penggunaan masker medis untuk mencegah penularan virus corona memunculkan masalah baru berkaitan dengan kebersihan lingkungan.

Di Kabupaten Jember Jawa Timur, limbah masker medis justru dibuang sembarangan sehingga bercampur dengan sampah lainnya dan berserakan di tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Kecamatan Pakusari.

Baca Juga: Bahaya Sampah Masker Bercampur Limbah Rumah Tangga

Banyaknya masker bekas ini justru menjadi ancaman penularan virus corona kepada petugas TPA dan pemulung sampah. Karena limbah masker itu bisa jadi bekas digunakan oleh pasien Covid-19 yang isolasi mandiri, sehingga berpotensi membawa virus.

Kondisi itu diperparah dengan pengelolaan sampah di TPA Pakusari yang memperlakukan sama antara sampah rumah tangga dengan limbah masker medis. Jika menemukan sampah masker, petugas hanya mencampur dan memendam bersama sampah lainnya.

Petugas menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sembarangan limbah masker. Petugas juga meminta masyarakat untuk memotong terlebih dahulu masker bekas lalu dipisahkan dengan sampah lainnya sebelum dibuang.

Sedangkan limbah masker bekas pakai pasien yang isolasi mandiri dianjurkan untuk dicuci terlebih dahulu sebelum dibuang atau dimusnahkan dengan cara dibakar.

 

#LimbahMaskerMedis #TempatPembuanganAkhirSampah #Jember

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x