Kompas TV regional berita daerah

Dana Covid-19 Habis, Anggaran Perjalanan Dinas DPRD Terkena Refocusing

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 09:53 WIB
Penulis : KompasTV Jember

KOTA PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 yang belum mereda membuat Pemerintah Kota Probolinggo Jawa Timur kewalahan menyiapkan anggaran penanganannya. Bahkan pemerintah setempat harus refocusing atau mengalihkan anggaran perjalanan dinas DPRD setempat.

Pemerintah Kota Probolinggo Jawa Timur melakukan refocusing anggaran besar-besaran untuk menopang penanganan dan pencegahan Covid-19.

Hal itu ditempuh karena anggaran penanganan Covid-19 tahun 2021 yang dianggarkan pada akhir tahun lalu sudah habis. Pemerintah kota membutuhkan sedikitnya 16 miliar dana tambahan hingga akhir tahun 2021.

Baca Juga: Bupati Mamberamo Raya Jadi Tersangka Korupsi Dana Covid Sebesar Rp 3,1 Miliar

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin menjelaskan bahwa sebelumnya, Pemkot Probolinggo sudah mengalihkan anggaran masing-masing satuan kerja perangkat daerah di lingkungannya untuk penanganan virus corona. Namun aturan PPKM Darurat membuat alokasi dana tersebut tidak cukup sehingga refocusing kembali dilakukan.

Kali ini, sasaran refocusing adalah anggaran perjalanan dinas atau perdin milik DPRD setempat. Kebijakan itu sempat mendapat penolakan dari parlemen, namun akhirnya disetujui setelah beberapa kali rapat.

Ketua DPRD Kota Probolinggo, Abdul Mujib menyebutkan bahwa berdasarkan kalkulasi pimpinan dewan, jumlah perdin yang bisa dialihkan untuk penanganan Covid-19 sekitar 5,6 miliar rupiah. Anggaran itu merupakan perdin dari bulan Juni hingga Oktober 2021.

Diharapkan pengalihan anggaran perjalanan dinas DPRD dapat membantu penanggulangan lonjakan kasus aktif Covid-19

 

#PemkotProbolinggo #RefocusingAnggaran #AnggaranPenangananCovid-19 #PerjalananDinasDPRD

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x