Kompas TV regional peristiwa

Jakarta Tidak Masuk Jadwal Sementara Penyelenggaraan Formula E 2022, PSI Minta Anies Realistis

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 10:23 WIB
jakarta-tidak-masuk-jadwal-sementara-penyelenggaraan-formula-e-2022-psi-minta-anies-realistis
Ajang Balap Formula E (Sumber: FIA Formula E)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo, meminta Gubernur DKI Anies Baswedan realistis dan melupakan mimpi menyelenggarakan Formule E di Jakarta. 

“Gubernur Anies jangan membodohi rakyat terus menerus. Ini sudah 3 tahun terus saja ditunda," kata Anggara dalam keterangan tertulis, Selasa (13/7/2021). 

Seperti yang diketahui, Jakarta tidak masuk ke dalam jadwal sementara penyelenggaraan Formula E tahun 2022. Jakarta juga telah batal menyelenggarakan Formula E pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi. 

Anggara meminta Anies untuk mengambil kembali uang rakyat yang nilainya hampir 1 triliun rupiah  

"Sebaiknya lupakan saja ambisi menyelenggarakan Formula E dan tarik kembali uang rakyat yang nilainya hampir 1 Triliun Rupiah. Jangan lagi banyak beralasan dan retorika kosong ,” ujar Anggara.

Baca Juga: Menunggu Nasib Gelaran Formula E Jakarta

Uang tersebut, menurut Anggara, sangat dibutuhkan untuk penanganan pandemi Covid-19. Karena itulah, Anies diminta mengambil langkah tegas dan mencabut keikutsertaan Jakarta sebagai bakal penyelenggara Formula E. 

“Jangan bilang Jakarta tidak punya dana untuk Pandemi Covid-19 kalau belum mau memperjuangkan pengembalian dana 1 Triliun di Formula E,” tegasnya.

Anggara menilai, seharusnya Jakarta tetap dicantumkan dalam jadwal yang dirilis FIA Formula E dengan term and condition tentatif. 

"Namun dengan absennya nama Jakarta pada jadwal sementara memperlihatkan Jakarta tidak diperhitungkan dalam kancah Formula E," jelas Anggara. 

“Pembayaran yang menggunakan uang rakyat senilai nyaris 1 Triliun rupiah juga tidak menjamin Formula E berlangsung, ini mau ditunda hingga kapan? Ingat tahun 2022 Jabatan Gubernur Anies akan berakhir,” ujarnya. 

Sebelumnya, FIA Formula E resmi mengumumkan jadwal sementara penyelenggaraan Formula E 2022 dalam laman websitenya fiaformulae.com. Total ada 16 balapan dengan 12 lokasi yang dipilih. Sayangnya, tidak ada Jakarta-Indonesia di daftar tersebut. 

"Dari Cape Town Hingga Vancouver dan Seoul, bersama dengan beberapa lokasi yang sudah familiar, ada 16 balapan dan 12 tempat," tulis FIA.

Dalam jadwal tersebut, terdapat satu jadwal yang berstatus TBD (to be confirmed) yaitu pada 4 Juni 2022.

Baca Juga: Formula E Batal Digelar di Monas, Ahmad Riza Tetap Optimistis Pemprov DKI Dapat Untung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x