Kompas TV regional berita daerah

Polresta Mataram Siagakan 800 Personel untuk Kawal PPKM Darurat Senin Besok

Kompas.tv - 10 Juli 2021, 15:27 WIB
polresta-mataram-siagakan-800-personel-untuk-kawal-ppkm-darurat-senin-besok
Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

MATARAM, KOMPAS.TV - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mempersiapkan personel untuk mengawal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang mulai diterapkan di Kota Mataram Senin (12/7/2021) pekan depan. 

"Nantinya dari 800 personel yang ada, kemungkinan kami akan gunakan setengahnya untuk pelaksanaan PPKM Darurat dan setengahnya lagi untuk kegiatan rutin," kata Kapolresta Mataram Kombes, Pol Heri Wahyudi di Mataram, dikutip dari ANTARA, Sabtu (10/7/2021).

Seperti diberitakan, PPKM Darurat akan diperluas hingga ke luar Jawa dan Bali. Rencananya, ada 15 kabupaten/kota yang ikut menerapkan kebijakan tersebut terhitung 12 Juli hingga 20 Juli 2021.

Kota Mataram termasuk dalam 15 kabupaten tersebut.

"Pemerintah mendorong beberapa daerah (di luar Jawa-Bali) untuk diberlakukan PPKM Darurat," terang Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) yang juga sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangan virtualnya, Jumat (9/7/2021).

Baca Juga: Sebanyak 15 Kabupaten/Kota di Luar Jawa-Bali Terapkan PPKM Darurat Mulai 12 Juli 2021

Kendati sudah ditetapkan dalam 15 daerah luar Jawa yang wajib menerapkan PPKM Darurat, Kapolresta Mataram belum menetapkan aturan pelaksanaan tugas personel di lapangan. 

Heri mengungkapkan pihaknya masih menunggu regulasi turunan dari penetapan resmi pemerintah pusat.

"Jadi kami tunggu instruksinya dulu, mungkin akan ada surat edaran dari Gubernur NTB dan penjabaran seperti apa, itu nanti diatur di sana. Yang jelas nanti aturannya berdasarkan ketentuan dari pemerintah pusat," ujar pria menengah Polri dengan tiga melati dipundaknya tersebut. 

Untuk sementara ini, Kota Mataram masih tahap pelaksanaan PPKM Mikro.

Penyekatan yang ada di empat lokasi masuk wilayah Kota Mataram juga masih berlangsung.

Dia memastikan penyekatan masih akan berlangsung hingga PPKM Darurat terlaksana.

Namun terkait dengan adanya penambahan lokasi penyekatan, Heri kembali mengingatkan bahwa hal itu masih menunggu ketentuan dari pemerintah daerah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x