Kompas TV regional peristiwa

Kapolda Sulteng Pimpin Patroli Skala Besar Buru Kelompok MIT Pimpinan Ali Kalora

Kompas.tv - 6 Juli 2021, 16:33 WIB
kapolda-sulteng-pimpin-patroli-skala-besar-buru-kelompok-mit-pimpinan-ali-kalora
Kapolda Sulteng Irjen Abd. Rakhman Baso mengatakan, kasus yang terjadi di Desa Lembantongoa dilakukan oleh Kelompok MIT, Minggu (29/11/2020). (Sumber: Humas Polda/Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

SULTENG, KOMPAS.TV - Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Pol Abdul Rakhman Baso, memimpin patroli skala besar dalam memburu kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Pimpinan Ali Kalora.

Perburuan kelompok teroris tersebut dilakukan dengan menyisir wilayah Poso Pesisir Selatan pada Senin (5/7/2021). Selain Kapolda Sulteng, turut serta Danrem 132 Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf.

Baca Juga: Polisi Duga Kelompok MIT Pimpinan Ali Kalora Dibantu Pihak Luar, Satgas Madago Raya Tambah Pasukan

"Hari ini Kapolda Sulteng didampingi Danrem 132 Tadulako dan beberapa pejabat operasi melaksanakan patroli skala besar menyisir wilayah Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso," kata Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Didik Supranoto, melalui keterangan resminya pada Selasa (6/7/2021).

Didik yang juga menjabat Kasatgas Humas Ops Madago Raya menyebut patroli skala besar itu juga diikuti oleh pejabat Operasi Satgas Madago Raya dari unsur Polri dan TNI menggunakan motor trail. Total, ada 21 motor trail yang digunakan.

Menurut Didik, tim berangkat dari Poskotis Madago Raya di Tokorondo Poso, menyisir wilayah Poso Pesisir Selatan sekaligus mengecek lima Pos Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) dan dua Pos Sekat.

Lima Pos Pamrahwan itu adalah Pos Pamrahwan Gantinadi, Pos Pamrahwan Padalembara, Pos Pamrahwan Kampung Bulok, Pos Pamrahwan Taunca dan Pos Pamrahwan Air Panas.

Baca Juga: Polri: Pimpinan MIT Ali Kalora Berupaya Menyerahkan Diri, Tapi Ada Tekanan Soal Keamanan Keluarganya

Sedangkan dua Pos Sekat, yakni Pos Sekat Kejar Kelapa Dalam dan Pos Sekat air Panas Kecamatan Poso Pesisir Selatan.

"Patroli skala besar Satgas Madago Raya sebagai upaya untuk melakukan pencarian terhadap DPO MIT Poso," ucap Didik.

"Dan mempersempit pergerakan simpatisan MIT yang akan memberikan bantuan logistik, sekaligus untuk mengecek pos-pos yang tersebar di wilayah Poso Pesisir Selatan."

Ia menjelaskan, patroli skala besar tersebut dimanfaatkan Kapolda Sulteng untuk mengecek kondisi personel, memberikan bantuan paket sembako.

Juga melihat dari dekat medan operasi, dan sekaligus memberikan motivasi personel TNI dan Polri di setiap pos.

Baca Juga: Ali Kalora dan 3 DPO Berencana Serahkan Diri ke Satgas Madago raya




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x