Kompas TV regional update corona

Ridwan Kamil Sediakan Obat-Obatan Gratis bagi Pasien Isoman, Begini Cara Mendapatkannya

Kompas.tv - 5 Juli 2021, 13:26 WIB
ridwan-kamil-sediakan-obat-obatan-gratis-bagi-pasien-isoman-begini-cara-mendapatkannya
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memimpin Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin (18/1/2021). (Sumber: Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAWA BARAT, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyediakan obat-obatan dan multivitamin bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Ridwan Kamil mengatakan, penyediaan obat gratis itu adalah hasil pengalihan dana 11 proyek infrastruktur 2021 senilai Rp140 miliar.

"Kami putuskan untuk dihentikan atau ditunda dan dananya dialihkan untuk obat-obatan dan suplemen pasien covid Jawa Barat yang sedang isolasi mandiri yang kesulitan secara ekonomi," tulis gubernur yang sering disapa Kang Emil di akun Twitternya, Minggu (4/7/2021).

Adapu permohonan untuk mendapatkan akses obat gretis tersebut bisa melalui aplikasi atau situ yang dinamai pikobar.

"Pasien Isoman yang juga bingung dan butuh bertanya, bisa tele konsultasi kepada para dokter via telepon dan online melalui aplikasi/web PIKOBAR," tambah Kang Emil.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Mulai 5 Juli Warga Jabar yang Isolasi Mandiri Dapat Layanan Dokter Gratis

Lebih rincinya, berikut cara mengajukan obat-obatan gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui aplikasi pikobar;

1) Buka situs resmi pikobar.jabarprov.go.id/isoman

2) Pilih menu Permohonan Kebutuhan Isolasi Mandiri, lalu klik tautan hidup, hyperlink, yang tersedia di kolomnya.

3) Isi data diri pada formulir online yang disediakan. Siapkan dokumen foto yang menunjukkan hasil positif tes Covid-19 untuk diunggah dalam formulir pengajuan tersebut.

Selain menyediakan pelayanan obat-obatan gratis, situs Pemprov Jabat tersebut juga menawarkan panduan isolasi mandiri dan konsultasi dokter.

"Jika selama menjalani isolasi mandiri Wargi memerlukan pelayanan kesehatan dan membutuhkan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menawarkan pelayanan dokter telekonsultasi," tulis dalam aplikasi pikobar itu.

Baca Juga: Ridwan Kamil Optimis PPKM Darurat Dapat Kendalikan Kasus Covid-19 Dalam 2 Pekan

Untuk diketahui, Jawa Barat termasuk satu di antara sejumlah daerah di Indonesia yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 saat ini.

Merujuk data yang dihimpun koalisi masyarakat LaporCovid-19, Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah kasus kematian saat isolasi mandiri tertinggi di Indonesia.

Kendati belakangan, data dari tersebut dibantah oleh Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Minta Warga Isoman Tak Timbun Tabung Oksigen, Ridwan Kamil: Dahulukan Rumah Sakit



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x