Kompas TV regional peristiwa

RSUD dr Soetomo Benarkan Foto Jejeran Jenazah Covid-19 yang Ditutupi Lampin

Kompas.tv - 3 Juli 2021, 11:03 WIB
rsud-dr-soetomo-benarkan-foto-jejeran-jenazah-covid-19-yang-ditutupi-lampin
Foto yang viral di media sosial memperlihatkan sejumlah jenazah yang berada di IGD RSUD dr Soetomo Surabaya. (Sumber: SURYA.CO.ID/TWITTER)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

SURABAYA, KOMPAS.TV - Jagat media sosial Tanah Air dibuat heboh oleh foto sejumlah jenazah Covid-19 yang ditutupi lampin di kasur ruang IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Menanggapi hal tersebut, Direktur RSUD dr Soetomo, dr Joni Wahyudi pun membenarkannya. Dia menjelaskan bahwa foto itu merupakan potret kondisi IGD pada Kamis (1/7/2021).

Joni mengatakan, jenazah-jenazah yang ditutupi lampin atau kain tebal yang biasa dipakai untuk alas itu merupakan pasien Covid-19 yang ketika datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi parah.

"Progres penyakitnya cepat sekali. Datang sudah dalam kondisi desaturasi (buruk, red). Bahkan ada yang meninggal di ambulans, kemarin saja ada 27 orang yang meninggal," ungkap Joni dilansir Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).

Baca Juga: Wali Kota Eri Cahyadi Sebut Surabaya Kini dalam Keadaan Genting Covid-19

Sebelumnya, Joni menjelaskan, ke-27 jenazah yang merupakan pasien Covid-19 itu sempat dirawat di ruang isolasi.

Menurut Joni, kondisi rumah sakit saat ini sudah berbeda dibanding tahun lalu, di mana tidak ada fenomena jenazah pasien Covid-19 berjejer tertutupi terpal.

Meski begitu, barisan jenazah seperti itu tidak terjadi setiap hari di RSUD dr Soetomo, dan para tenaga kesehatan yang bertugas juga terus berjuang menangani pasien Covid-19.

Tak lupa, Joni mengingatkan kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: RS Penuh, Pemkot Surabaya Kaji Stadion GBT untuk Dijadikan Isolasi Pasien Covid-19

Sementara itu, Juru bicara Satgas Kuratif Covid-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril Alfarabi menyatakan bahwa telah menerima konfirmasi dari pihak RSUD dr Soetomo tekait foto jenazah pasien Covid-19 yang bejejer dan ditutupi lampin.

Menurut Makhyan, fenomena itu merupakan dampak dari peningkatan signifikan kasus Covid-19 yang terjadi di daerahnya akhir-akhir ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x