Kompas TV regional update corona

Wali Kota Eri Cahyadi Sebut Surabaya Kini dalam Keadaan Genting Covid-19

Kompas.tv - 1 Juli 2021, 08:20 WIB
wali-kota-eri-cahyadi-sebut-surabaya-kini-dalam-keadaan-genting-covid-19
Stadion Bung Tomo, Surabaya Jawa Timur (Sumber: -)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

 

SURABAYA, KOMPAS.TV - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan bahwa wilayahnya saat ini dalam keadaan genting Covid-19.

Kondisi ini ditandai dengan kasus Covid-19 di Surabaya terus meningkat dalam sebulan terakhir serta keterisian sejumlah rumah sakit mulai penuh.

"Hari ini saya sampaikan, Surabaya dalam keadaan genting Covid-19. Kalau kita lihat BOR (Bed Occupancy Rate) RS, hampir menyentuh 100 persen," kata Eri yang dikutip dari surabaya.tribunnews.com, Kamis (1/7/2021). 

Menurut penjelasannya,  kasus Covid-19 di Surabaya cukup mengkhawatirkan. Peningkatan kasus ini juga ditandai dengan okupansi rumah sakit yang nyaris seluruh tempat tidur terpakai.

Bahkan Eri menuturkan ada salah satu rumah sakit di Surabaya yang terpaksa tidak dapat menerima pasien dikarenakan para tenaga kesehatan terpapar Covid-19. 

"Ada RS yang sudah lockdown, tidak menerima pasien lagi. Karena nggak kuat tenaga nakesnya dan tidak mencukupi tempat tidur maupun ICU-nya," katanya.

Baca Juga: IGD RS William Booth Surabaya Ajukan Surat Permohonan Tutup Sementara

Sebab itu, untuk menekan laju penularan Covid-19 di Kota Pahlawan ini Pemerintah Kota (Pemkot) akan mengajak warga turun tangan dengan berpartisipasi dalam program 'Surabaya Memanggil'.

"Saatnya, kita saling bergandeng tangan. Hari ini, Surabaya menangis. Kami berharap, warga Surabaya yang terketuk hatinya mari bersama-sama menjadi bagian penanganan Covid-19," tegas dia. 

Warga yang ingin menjadi relawan harus sehat dan bebas Covid-19. Apabila belum vaksin, calon relawan akan diberikan vaksinasi terlebih dahulu. 

Calon relawan dapat mendaftar secara online. Pemkot Surabaya juga menyiapkan laman khusus.

"Di sini, Pemkot Surabaya tidak mungkin bergerak sendiri. Siapa pun yang ingin membantu silakan bergabung. Bersama kami turun ke lapangan," ungkap Eri. 

Sementara itu, melihat data Satgas Penanganan Covid-19 Surabaya, kasus kumulatif positif Covid-19 di Kota Pahlawan per 30 Juni 2021 mencapai 25.397 orang.

Adapun 23.381 di antaranya kasus dinyatakan sembuh dan 617 kasus aktif atau dalam perawatan.

Baca Juga: Stok Tabung Oksigen RS Lapangan Indrapura Surabaya Makin Menipis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.