Kompas TV regional peristiwa

Jakarta Jadi Provinsi Pertama Gelar Vaksinasi Covid-19 bagi Anak 12-17 Tahun, Anies: Ini Babak Baru

Kompas.tv - 1 Juli 2021, 11:28 WIB
jakarta-jadi-provinsi-pertama-gelar-vaksinasi-covid-19-bagi-anak-12-17-tahun-anies-ini-babak-baru
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, Anies meninjau pelaksanaan perdana vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun di SMAN 20 Jakarta, Kamis (1/7/2021). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - DKI Jakarta melakukan vaksinasi untuk anak-anak usia 12-17 tahun di SMAN 20, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (1/7/2021). Vaksin yang digunakan ialah vaksin jenis Sinovac. Jakarta menjadi provinsi pertama yang menggelar vaksinasi untuk anak. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun mengungkapkan rasa syukur karena Pemprov DKI akhirnya mewujudkan vaksinasi untuk anak. 

"Pagi hari ini tanggal 1 Juli 2021, anak anak di DKI Jakarta sudah mulai mendapatkan vaksinasi. Alhamdulillah kita bersyukur bahwa ikhtiar kita untuk melindungi setiap anak bangsa selalu diberikan kemudahan oleh Allah SWT.  Pada 1 Juli ini menandai babak baru, kita ingin anak-anak selamat, sehat, bisa bersekolah kembali, mampu meraih masa depan yang bisa lebih baik dari kita semua," ujar Anies di SMAN 20 Jakarta, Kamis. 

Proses ini sebelumnya sudah melewati proses pengkajian dengan tim kesehatan, dan sudah diuji kelayakannya bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan(BPOM), agar sesuai dosisnya bagi anak-anak.

Baca Juga: Anies Sebut Aturan PPKM Darurat dalam Tahap Finalisasi

Anies menekankan, saat ini keselamatan adalah yang paling utama sehingga pemerintah pun bergerak cepat untuk memastikan penggunaan vaksin untuk anak-anak.

Ia mengajak seluruh orang tua untuk melindungi anak-anaknya. Terlebih dengan adanya varian baru mutasi Covid-19, ia meminta agar para orang tua lebih berhati-hati. 

"Apalagi dengan adanya varian baru, yang terbukti banyak mengenai anak-anak, dan kita perlu sekali memastikan anak-anak kita terlindungi, dan tidak menghadapi kondisi sulit akibat keterpaparan dengan virus Sars-Cov2, yang menghasilkan penyakit Covid-19," tambah Anies.

Sebagai catatan, dari total 168 variant of concern (VOC), terdapat 55 yang berdampak pada anak-anak usia 0-18 tahun di Jakarta. 

Baca Juga: Jokowi Mulai Keras di Tengah Lonjakan Covid-19 Indonesia

Vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun dilakukan dengan menunjukkan KIA atau KTP bagi yang sudah memiliki. Setelah itu anak-anak akan diskrining oleh petugas kesehatan di lapangan, serta diberikan formulir untuk pendaftaran.

Para orang tua bisa mendaftarkan anaknya untuk divaksin secara daring melalui aplikasi JAKI.

Anies mengimbau dan mengajak para orangtua di Jakarta untuk segera mendaftarkan anak-anaknya untuk vaksinasi.

"Karena itu sekali lagi saya ajak kepada seluruh orang tua di Jakarta, untuk segera mendaftarkan anak-anaknya sehingga Insya Allah anak-anak kita bisa terlindungi dari wabah ini," ujar Anies.

Baca Juga: Pemberlakukan PPKM Darurat, Anies Baswedan: Persiapan Lebih pada Penanganan Pasien

Lebih lanjut, berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.021/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3 Bagi Masyarakat Rentan serta Masyarakat Umum Lainnya dan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Bagi Anak Usia 12 - 17 Tahun, pemberian vaksin Sinovac bagi anak usia 12 - 17 tahun dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian dengan jarak/interval minimal 28 hari.

Kegiatan vaksinasi pagi ini juga dihadiri oleh Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji; Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran; Pangkoopsau I, Marsekal Pertama TNI Tedi Rizalihadi; Kapok Sahli Koarmada I, Laksma TNI Sumardi; Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma; Kadinkes DKI, Widyastuti; Kadisdik DKI Nahdiana, serta Kadiskominfotik DKI Atika Nur Rahmania.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x