Kompas TV regional peristiwa

Kasus Baru Terus Meningkat, Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Tangsel Dilakukan Tanpa Peti

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 20:02 WIB
kasus-baru-terus-meningkat-pemakaman-jenazah-pasien-covid-19-di-tangsel-dilakukan-tanpa-peti
Suasana pemakaman korban Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara, Rabu (23/6/2021). Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di DKI Jakarta pada hari tersebut naik 3.514 kasus. Penambahan jumlah kasus tersebut menaikkan angka jumlah total kasus Covid-19 di DKI Jakarta menjadi 486.957 kasus. (Sumber: Kompas.id/Rony Ariyanto)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.TV – Tingginya angka kasus baru dan kematian pasien Covid-19 membuat pemakaman jenazah dilakukan tanpa peti.

Peristiwa ini terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel).

Kepala TPU Jombang Tabroni menjelaskan peristiwa pemakaman jenazah pasien Covid-19 tanpa peti sudah terjadi beberapa kali dalam tiga hari belakangan ini.

Menurutnya ketersediaan peti yang menipis dan jumlah pasien meninggal yang tinggi membuat jenazah pasien Covid-19 dimakamkan tanpa peti.

Baca Juga: Darurat, Lahan Pemakaman Makin Menipis, Jenazah Covid -19 Dimakamkan Secara Tumpang

Namun Tabroni memastikan proses pemakaman tersebut tetap memenuhi standar prosedur Covid-19 karena jenazah sudah steril dan terbungkus dengan kantung jenazah.

“Memang sudah kehabisan peti. Jadi sudah beberapa kali kami memakamkan jenazah prosedur Covid-19 tanpa peti mati. Kemarin malam satu jenazah. Kemudian hari ini dua, sudah tiga kali (tanpa menggunakan peti mati)," ujar Tabroni saat dikonfirmasi, Jumat (25/6/2021). Dikutip dari Kompas.com.

Terpisah, Kepala Seksi Pemakaman Dinas Pemakaman, Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimta) Tangsel, Nazmudin mengakui peti mati untuk pemakaman prosedur Covid-19 di wilayahnya tengah habis.

Hal ini lantaran pemakaman dengan prosedur Covid-19 dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan.

Baca Juga: Pemakaman Jenazah Protokol Covid di Kota Malang Terus Naik, Satu Petugas Terpapar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x