Kompas TV regional berita daerah

Ganjar Pastikan Pasokan Oksigen di Jawa Tengah Aman

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 11:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Untuk mengecek ketersediaan oksigen, terkait angka pasien Covid 19 yang meningkat di Jawa Tengah, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Rabu (23/06/2021) mengunjungi depo atau distributor oksigen di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Meningkatnya kebutuhan oksigen di Jawa Tengah yang tinggi, Gubernur Jawa Tengah mengecek kondisi ketersediaan oksigen di pabrik pengolahan oksigen di Kendal, Jawa Tengah.

Setelah mengecek, Ganjar mengakui jika  pabrik pengolahan oksigen Samator yang ada di Kendal diakui belum menyukupi dan hanya mampu mengolah sekitar 5 Ribu kubik oksigen perhari. Sementara untuk kebutuhan saat ini mencapai sekitar satu juta kubik,untuk memenuhi kebutuhan seluruh rumah sakit di Jawa Tengah. Untuk memenuhi kekurangan, gubernur memastikan ada tambahan kebutuhan oksigen dari pabrik di Jawa Barat dan Jawa Timur sekitar, sebesar satu setengah juta kubik yang akan segera dikirim ke pabrik oksigen di Kendal. Gubernur berharap ada SOP yang baik dari pihak rumah sakit dalam pendistribusian oksigen ke pasien. "Dengan kapasitas yang ada di Kendal ini, rasa-rasanya gak akan cukup untuk mengcover seluruh Jawa Tengah, (Namun) dari Jawa Timur dan Jawa Barat sudah masuk. Kira kira sudah bergerak antara 1 hingga 1,5 juta meter kubik, sehingga proses pengadaan, transportasi dan sebagainya insha allah mulai kita perbaiki, tinggal rumah sakit-rumah sakit kita harapkan untuk menghitung betul (kebutuhan oksigen).” katanya. 

Sementara itu menurut Direktur PT Samator, produksi oksigen di Kendal ini sekitar 5 ribu perhari saja. dengan adanya tambahan oksigen dari Jawa Barat dan Jawa Timur, diharapkan tidak ada kepanikan lagi terkait kurangnya ketersediaan oksigen di rumah sakit. 

#pasokanoksigen # #depooksigen #kebutuhanoksigenpasiencovid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x