Kompas TV regional berita daerah

BBKSDA Lepasliarkan Satwa Dilindungi di Pakpak Bharat

Kompas.tv - 17 Juni 2021, 13:44 WIB
Penulis : KompasTV Medan

PAKPAK BHARAT, KOMPAS.TV - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara lepasliarkan 5 satwa ke habitatnya.

Pelepasliaran dilakukan di kawasan Margasatwa Siranggas, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Pelepasliaran dilakukan untuk mempertahankan populasi satwa liar di alam atau habitat alaminya.

Sebanyak 5 satwa dilindungi yang dilepasliarkan adalah 2 ekor binturong, 1 ekor kukang, 1 ekor kucing hutan, dan ular sanca batik.

Satwa-satwa itu sebelumnya didapat dari hasil penindakan petugas BBKSDA di lapangan dan penyelamatan yang dilakukan oleh relawan perlindungan satwa liar.

Sebelum dilepaskanliarkan di habitatnya, kelima satwa tersebut terlebih dahulu dikarantina dan dirawat di Taman Wisata Alam Sibolangit, Deli Serdang.

Kelima hewan tersebut juga diperiksa terlebih dahulu oleh tim dokter hewan, dan sudah tercatat dalam kondisi sehat.

Untuk lokasi pelepasliaran sendiri, dilakukan di tempat yang memang sangat sulit dijangkau oleh manusia dan memang merupakan kawasan khusus satwa liar.

Kepala Bidang KSDA Wilayah I, Mustafa Imran Lubis, mengatakan bahwa pelepasliaran 5 satwa ini untuk mempertahankan populasi di hutan Sumatera Utara.

Selain itu, pelepasliaran ini sebagai rangkaian dari kegiatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Hari Konservasi Alam Nasional. (*)

 

#satwaliar #satwadilindungi #pelepasliaran #bbksda #sumaterautara #sumut #medan #beritamedan #beritadaerah




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x